HTML ( Hyper Text Markup Language )

1.      HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
-Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
  • structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh, <h1>Golf</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
  • presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, <b>boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,
  • hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, <a href="http://www.ilmukita.com/">IlmuKita</a> akan menampilkan IlmuKita sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
  • Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).
Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

PENGERTIAN INTERNET
Definisi internet: pengertian internet adalah hubungan
(koneksi) satu komputer ke komputer lainnya diseluruh
dunia melalui server dan router terdedikasi.

PENGERTIAN BROWSER
Browser merupakan program atau aplikasi yang di rancang untuk
menampilkan teks, gambar, dan juga dapat digunakan untuk
berbagai macam interaksi pada saat menjelajahi internet.
PENGERTIAN UPLOAD
Upload adalah  proses transmisi sebuah file dari
sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang
lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan
download. Dari internet, user yang melakukan proses
upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke
komputer lain yang memintanya. User yang men-share
gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin
board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File
Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet
protokol untuk downloading and uploading files.
Arti istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan
pengertian berikut :
Mengirim file dari komputer Anda ke komputer lain.
Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer
lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah
network.
Secara umum upload dapat diartikan proses transmisi
data dari komputer client/pemakai ke internet.
DOWNLOAD
PENGERTIAN DOWNLOAD
Download adalah proses transmisi sebuah file dari
sebuah sistem computer ke sistem komputer yang
lainnya. Dari internet, user yang melakukan proses
download adalah proses dimana seorang user meminta /
request sebuah file dari sebuah komputer lain (web site,
server atau yang lainnya) dan menerimanya. Dengan kata
lain, download adalah transmisi data dari internet ke
komputer client/pemakai.

Sebaga sebuah bahasa markup, HTML membutuhkan cara untuk memberitahu web browser bagaimana suatu text ditampilkan. Apakah text itu ditulis sebagai sebuah paragraf, list, atau sebagai link? Dalam HTML, tanda ini dikenal dengan istilah tag.
Hampir semua tag dalam HTML ditulis secara berpasangan, tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yang dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup. Objek disini dapat berupa text, gambar, maupun video. Penulisan tag berada di antara dua kurung siku.Format penulisan tag:
tag_pembuka>objek yang dikenai perintah tag</tag_penutup>
Tag <i> pada kode HTML diatas memberikan perintah kepada browser untuk menampilkan text secara garis miring (i, singkatan dari italic), dan tag <b> untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).Contoh tag:
<p> Ini adalah sebuah paragraf </p>
  • <p> adalah tag pembuka, dalam contoh ini p adalah tag untuk paragraf
  • </p> adalah tag penutup paragraf. Perbedaannya dengan tag pembuka terletak dari tanda backslash(/)
  • *pengecualian beberapa tag tidak berpasangan, seperti <br> untuk break (pindah baris) atau <hr> untuk horizontal line (garis horizontal) ditulis dengan <br />, dan  <hr />. Tag ini dikenal juga dengan sebutan self closing tag.

Pengertian Elemen dalam HTML

Elemen adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup.Seperti contoh diatas, “Ini adalah sebuah paragraf” adalah element dari tag <p>.
Contoh elemen:
<p> Ini adalah sebuah <em>paragraf</em> </p>

Pengertian Atribut dalam HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang diberikan kepada tag. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dll.
Contoh attribut :
href adalah nama dari atribut, dan http://www.duniailkom.com adalah value atau nilai dari atribut tersebut. Tidak semua tag membutuhkan atribut, tapi anda akan sering melihat sebuah tag memiliki atribut, terutama atribut id dan class yang terutama dibutuhkan dalam manipulasi halaman web menggunakan CSS maupun JavaScript.
·             .com : Digunakan untuk keperluan komensial.
·             .net : Digunakan untuk keperluan internet.
·             .org : Digunakan untuk keperluan organisasi
·     .net.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
·     web.id : Jenis domain yang digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
·     .sch.id : Jenis domain yang digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.


05. Istilah-Istilah Dalam Internet

Browser Browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet, seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, dll.
HTML
HTML, kepanjangan dari Hyper Text Makrk-up Languange yaitu berupa kode-kode atau instruksi yang di gunakan membuat halaman web..Search Engine
Dintinjau dari pengertian setiap kata. Search adalah pencarian, dan engine adalah mesin, jadi search engine merupakan mesin pencari. Dalam konteks ini search adalah sebuah program aplikasi di website tertentu yang anda gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.URL (Unifrom Resource Locator) Sebuah lokasi dapat anda akses apabila anda mengetahui alamat lokasi tersebut. Untuk memberi nama alamat website digunakan suatu sistem yang digunakan URL. Dengan kata lain, URL merupakan alamat dari dari sebuah halaman webHomepage
homepage adalah halaan web utama (induk) yang terdapat pada sebuah website. Homepage biasanya berisi keterangan pembuka..ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.

Pengertian Web Statis

Web Statis adalah web yang content atau isinya tidak berubah – ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen yang ada di web tersebut tidak dapat diubah secara mudah. Web statis ini biasanya digunakan oleh website yang menggunakan HTML, Web Search Engine, atau web Company Profile.
Pengertian Web Dinamis
Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinamis tersebut.Untuk perubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis dibilang mudah ketimbang web statis yang harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut. Web Dinamis ini banyak sekali bertebaran di internet seperti Web Berita, Personal Blog, Toko Online/Web Pasng Iklan.
a. Web Statis
Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.Editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.
b. Web Dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
 pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.
Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.
 berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.
3 Aplikasi Open Source untuk Web Design
Aplikasi open source untuk web design banyak bertebaran di Internet. Banyak dari kita yang belum menyadari bahwa aplikasi open source untuk web design ternyata memiliki kemampuan yang juga tidak kalah hebat dengan aplikasi-aplikasi web design mahal & ngetop lainnya. Selain terbilang murah, keunggulan aplikasi open source lainnya adalah hampir semuanya dapat berjalan di platform apa saja, baik Windows, Linux, Desktop ataupun Web, sehingga kita dapat bekerja dengan mudah tanpa khawatir masalah kompatibilitas.
Berikut ini 3 aplikasi open source untuk web design pilihan saya.

1. GIMP

GIMP adalah sebuah aplikasi desain grafis gratis yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit hampir semua jenis grafik. Selain memiliki dukungan Skins, GIMP juga dikenal sebagai aplikasi open source nya Adobe Photoshop karena fitur serta fungsi-fungsi yang ada didalam Adobe Photoshop hampir seluruhnya telah diadaptasi di GIMP.

2. Nvu

Nvu adalah web editor gratis. Meskipun tidak memiliki semua fitur dan interface dari Dreamweaver atau Sharepoint, dengan Nvu kita tetap dapat mengedit kode dan desain pada saat bersamaan. Selain itu, dengan Nvu kita juga dapat memindahkan elemen web design tanpa melihat kode html nya.

3. FileZilla

FileZilla merupakan aplikasi FTP open source paling populer. FileZilla digunakan untuk mengupload file-file hasil web design, seperti gambar, javascript, css, html, php, dan sebagainya ke web server. FileZilla merupakan cross-platform kompatibel (tersedia untuk Linux, Mac, dan sistem operasi Windows) serta memiliki kemampuan untuk mentransfer file melalui banyak protocol

Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).


Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar