RUANG LINGKUP DAN ILMU PENUNJANG GEOGRAFI

Ruang lingkup studi geografi sangat luas karena mencakup segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Oleh karena itu, tidak mungkin dapat dikuasai hanya dalam satu bidang ilmu saja. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai disiplin ilmu yang merupakan cabang-cabang dari geografi.Secara garis besar, seluruh objek kajian geografi dapat dibedakan atas dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya. Sedangkan aspek sosial meliputi, aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.Hubungan erat antara erat geografi dan dengan berbagai disiplin ilmu lain adalah sebagai berikut:

1. Interaksi antara geografi dengan biologi melahirkan biogeografi
2. Interaksi antara geografi dengan antropologi melahirkan antropogeografi atau etnogeografi
3. Interksi antara geografi dengan matematika melahirkan geografi matematis
Berdasarkan teori lingkungan hidup, permukaan bumi dapat dikelompokan menjadi tiga lingkungan, yaitu sebagai berikut
1. Lingkungan fisik (physisl environment) atau lingkungan abiotik adalah segala sesuatu disekitar manusia yang berupa benda tidak hidup, misalnya tanah, udara, air, dan sinar matahari.
2. Lingkungan biologis (biological environment) atau lingkungan biotik adalah sesuatu di sekitar manusia yang berupa mahluk hidup, misalnya hewan, tumbuh-tumbuhan dan manusia itu sendiri.
3. Lingkungan sosial (social environment) adalah sesuatu disekitar manusia yang berwujud tindakan atau aktivitas manusia, aik hubungannya dengan lingkungan alam maupun interaksi antar manusia.Berkaitan dengan teori lingkungan, William Kirk telah menyusun struktur lingkungan geografi yang digolongkan menjadi lingkungan fisik dan linkungan nonfisik.
Struktur ilmu geografiGeografi merupakan bidang ilmu yang memadukan berbagai disiplin ilmu sehingga menjadi satu kajian yang bersifat menyelurun. Kajian geografi meliputi aspek alami dan aspek sosial serta dapat dikelompokan menjadi tiga cabang utama, yaitu sebagai berikut.
  • Geografi fisik
Geografi fisik merupakan kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam dan lingkungan alam, seperti iklim, batuan, tanah, sungai, sumber daya alam, flora, dan fauna.
  • Geografi manusia
Geografi manusia atau geografi sosial merupakan kajian terhadap kehidupan manusia, pengaruh manusia terhadap lingkungan, serta aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.

  • Geografi teknik
Geografi teknik merupakan kajian penggunaan keahlian-keahlian teknis dalam geografi, seperti pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis, untuk mempelajari bumi dan menyelesaikan berbagai masalah.
Ilmu penunjang geografi
Untuk semakin memperjelas ruang lingkup geografi, berikut adalah beberapa disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan geografi yang merupakan cabang-cabang dari geografi.
  • Geologi, ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan: kejadian, struktur, komposisi, sejarah dan proses perkembangannya
  • Geofisika, ilmu yang mengkaji sifat-sifat bagian dalam bumi dengan metode dan teknik fisika, seperti mengukur gelombang seismik, gravitasi dan medan magnet bumi.
  • Meteorlogi, ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena atmosfer, misalnya, udara, cuaca, suhu, dan angin.
  • Astronomi, ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar angkasa, seperti bulan, bintang, planet, dan galaksi.
  • Biogeografi, ilmu tentang penyebaran mahluk hidup secara geografis di permukaan bumi.
  • Geomorfologi, studi tentang bentuk-bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
  • Hidrografi, ilmu yang berhubungan dengan pengukuran, serta pemetaan wilayah perairan, seperti laut, danau, dan sungai.
  • Oseanografi, ilmu yang mempelajari lautan, misalnya sifat air laut, pasang surut, arus laut, dan morfologi dasar laut.
  • Paleontologi, ilmu yang menkaji tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan dimasa purba (prasejarah) yang terdapat di bawah lapisan-lapisan bumi.
  • Antropologi, cabang geografi yang mempelajari penyebaran bangsa-bangsa dimuka bumi dilihat dari sudut geografis, oleh karena itu bidang ilmu ini di sebut juga tenogeografi
  • Geografi Matematis, ilmu geografi yang berkenaan dengan perhitungan betuk, ukuran, serta gerakan bumi: lintang dan bujur, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.
  • Geografi Sejarah, cabang geografi yang mempelajari manusia dan geografi dari sudut sejarah dan perkembangannya.
  • Geografi Regional, cabang geografi yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi regional Asia, geografi regional Amerika, dan geografi regional Australia,
  • Geografi Politik, cabang geografi yang khusus mengkaji aspek-aspek politik suatu wilayah dari segi geografi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar