TUGAS BAHASA INDONESIA PENELITIAN ILMIAH Makalah Kurma Tomat

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan rahmat ,taufiq , serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa menyelesaikan makalah ini dengan lancar .
Sholawat salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang yakni dengan ajaran addinul islam .

Terima kasih kami ucapkan kepada guru pembimbing kami yang tak lain adalah ibu Elistyorini, spd yang telah memotivasi kami  ,memberikan arahan serta memberikan waktunya untuk membimbing kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini.
Terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu ,mendukung, memberi semangat dan bekerja sama hingga makalah ini bisa terselesaikan.

  
BAB I
PENDAHULUAN
Tanaman tomat (Lycopersiconesculentum Mill) merupakan salah satu bagian tanaman hortikultura yang strategis dan tergolong sayuran kedua terbesar setelah kentang .Iklim Indonesia sangat cocok untuk budidaya tomat sehingga tomat mudah dijangkau semua lapisan masyarakat (Cahyono,  1998).Di Indonesia penamaan tomat yang lebih dikenal adalah penamaan dagang, antara lain tomat ceri, tomat apel, tomat kentang, dan tomat keriting (Setiawan, 1994). Buah tomat mempunyai peranan penting dalam pemenuhan gizi masyarakat. Komposisi zatgizi  yang  terkandung di dalamnya cuku plengkap.
Vitamin A dan C merupakan zat gizi yang jumlahnya cukup menonjol dalam buah tomat.Vitamin  A yang terdapat dalam buah tomat adalah likopen  yang ditemukan dalam jumlah paling banyak.Pada tomat yang masih segar  jumlah likopen sebesar  3,1-7,7 mg/100g  (Tonucci et. al.,1995). Vitamin C dapat berbentuk sebagai asam L-askorbat dan asam L-dehidro askorbat yang keduanya mempunyai keaktifan sebagai  vitamin C (Jungs and Wells, 1997).
Buah tomat akan segera mengalami kerusakan jika tanpa perlakuan saat  penyimpanan. Besarnya kerusakan buah tomat setelah panen berkisar antara  20% sampai  dengan  50%  (Winarno,1986). Buah tomat  yang dipanen setelah timbul warna 10% sampai dengan 20% hanya akan bertahan maksimal 7 hari pada suhu kamar di Lembang (Sinaga, 1984).
Dengan kemajuan teknologi pengolahan pangan, maka dilakukan pengolahan manisan tomat kering untuk mencegah kerusakan tomat akibat  penyimpanan, serta dapat memperpanjang umur simpannya. Selain itu pengolah antom atmen jadi manisan tomat kering juga dapat meningkatkan harga jual buah tomat.Untuk itulah perlunya dikembangkan pengolahan “Kurma Tomat“ untuk mengembangkan peluang industryi pengolahan.


 1.1Latar Belakang
Kami terinovasi membuat kurma dari tomat karna kami melihat tomat itu bisaanya hanya digunakan sebagai pelengkap makanan saja serta di Negara kita ini mengimpor tomat dari Negara timur tengah


1.2 tujuan
  1. Memanfaatkan tomat untuk dijadikan sebagai manisan tomat kering “kurma  tomat “.
  2. Melakukan teknis pelaksanaan usaha dengan maksimal sehingga menghasilkan keuntungan bagi usaha kami ini.


1.3 MANFAAT
Manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya “kurma tomat” manisan tomat kering ini adalah sebagai berikut :
  • Aspek Ekonomi
Meningkatkan nilai ekonomis dari tomat dan memanfaatkannya sebagai usaha jajanan sehingga menghasilkan keuntungan bagi usaha kami.
  • Aspek Ketenagakerjaan
Membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru Karena usaha “ kurma tomat ” manisan tomat kering ini dikerjakan oleh home industri.
  • Aspek Teknologi Pengolahan
Memanfaatan teknologi pengolahan produk hortikultura menjadi produk yang memiliki umur simpan lebih lama dan kaya gizi .
  
BAB II
2.1 BAHAN - BAHAN
.) tomat 1 kg
.) gula     1 kg
.) garam secukupnya

2.2  ALAT
.)  Wajan
.)  Spatula
.) Kompor
.) loyang

2.3 cara pembuatan
1.      Pilihlah tomat yang berukuran hamper sama
2.      Usahakan tomat sudah matang ( merah )
3.      Kupas tomat dan bersihkan biji tomatnya
4.      Masukkan gula pada wajan
5.      Tambahkan sedikit air
6.      Masukkan tomat dan beri garam secukupnya
7.      Aduklah adonan hingga berubah warna seperti kurma
8.      Setelah adonan mongering , kepal – kepal tomat
9.      Jemur adonan tomat sampai mengeras


BAB III

3.1 KESIMPULAN
kebanyakan tomat digunakan sebagai bahan bumbu makanan . sebenarnya tomat dapat dimanfaatkan kembali dan dapat menambah manfaat estetika . bahkan nilai ekonomi . inofasi pun muncul untuk memikirkan cara-cara mengolah kembali tomat sebagai manisan

3.2 SARAN

Banyak tomat yang hanya digunakan sebagai bahan pokok makanan saja oleh karena itu diharapkan banyak orang – orang yang mempunyai ide – ide kreatif untuk memikirkan cara mengolah kembali tomat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar