CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1. Dalam kegiatan bercerita, Anak kelompok A kurang antusias dalam mendengarkan cerita dan memahami isi cerita yang disampaikan oleh guru dari 30 siswa 8 siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari isi atau tentang cerita yang disampaikan oleh guru, da 12 anak diam memperhatikan guru bercerita tetapi tidak memahami isi cerita yang disampaikan dan sisanya tidak memperhatikan bahkan ramai sendiri atau bermain sendiri.


Mengapa keadaan ini terjadi ?
- Apakah gaya bahasa yang digunakan guru sulit dipahami oleh anak.
- Apakah metode yang digunakan guru kurang diminati anak.
- Apakah media yang digunakan guru terlalu kecil atau kurang menarik minat anak.

Maka solusi yang digunakan guru adalah :
Guru akan menggunakan media gambar atau cerita bergambar yang lebih besar dengan warna yang cerahdan menarik, sehingga anak mudah memahami isi cerita dan dapat menyampaikan makna cerita dengan kreativitas anak dan bahasa sesuai keinginan anak atau pendapat anak masing – masing.

2. Siswa kelompok A TK Dharma Wanita kurang mampu membedakan huruf b, d, dan p. hal itu diketahui pada saat melakukan pembelajaran pengenalan huruf b, d, dan p dari 30 siswa. 7 Siswa yang dapat membedakan huruf b, d, dan p dengan benar dan tepat dan 14 anak kadang – kadang dapat mebedakan dan kadang – kadang tidak dapat membedakan huruf b, d, dan p. dan yang tidak dapat memahami atau mengenal huruf b, d, dan p ada 9 anak.

Kemungkinan kejadian ini dikarenakan :
- Metode yang digunakan guru kurang tepat / kurang bervariasi.
- Alat peraga kurang menarik.
- Cara penyampaian guru terlalu cepat dan kurang jelas.

Hal yang harus dilakukan guru berdasarkan sebab di atas adalah memilih metode yang tepat dalam pembelajaran di TK / paud yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan kurikulum yaitu dengan menggunakan prinsip bermain sambil belajar , belajar seraya bermain dengan menggunakan atau melalui metode permainan kartu huruf atau permainan kartu huruf gambar dan kotak huruf.
Dengan permainan ini anak-anak dengan mudah membedakan dan memahami huruf b,d dan p.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar