DRUG / NARKOTIKA

Obat merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan / bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesiaadalah obat yang merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik "narkoba" atau "obat", mengacu pada kelompok senyawa umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, obat yang sebenarnya adalah zat psikotropika yang biasa digunakan untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. [Rujukan?] Tapi sekarang disalah persepsi karena outdoor digunakan penunjukan dan dosis yang tepat.
definisi
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau tidak ada tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan degradasi atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (UU No. 35 Tahun 2009). Narkotika diklasifikasikan menjadi tiga kategori sebagaimana tercantum dalam Lampiran 1 hukum. Yang termasuk jenis narkotika adalah:
• Tanaman Papaver, opium mentah, memasak opium (candu, debu opium, Jicingko), opium obat, morfin, kokain, ekgonina, tanaman ganja dan resin ganja.
• Garam dan turunan dari morfin dan kokain, serta campuran dan olahan mengandung bahan-bahan di atas.
Adalah zat psikotropika atau narkoba, baik narkotika non alami atau sintetis, sebuah psikoaktif kuat melalui efek selektif pada sistem saraf pusat yang menyebabkan perubahan aktivitas mental dan perilaku (UU No. 5/1997). Ada empat kelas psikotropika menurut hukum, tapi setelah diberlakukannya UU no. 35 Tahun 2009 tentang narkotika, psikotropika kelas I dan kelas II dimasukkan ke dalam narkotika. Jadi sekarang ketika hanya berbicara tentang masalah psikotropika psikotropika kelas III dan IV menurut UU. 5/1997. Psikotropika antara lain:
• Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandrax, amfetamin, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, flunitrazepam, Ekstasi, Shabu - shabu, LSD (lysergic Syntetic Lycergic) dan sebagainya.
Bahan adiktif lainnya berbahaya adalah bahan-bahan alami, sintetik semi atau sintetis yang dapat digunakan sebagai pengganti morfin atau kokain yang dapat mengganggu sistem saraf pusat, seperti:
• Alkohol -mengandung etil etanol, inhalen / sniffing (pelarut) dalam bentuk bahan organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman beralkohol atau obat-obatan anestesi jika aroma yang dihirup. Contoh: lem / perekat, aseton, eter, dan sebagainya.

penyebaran
Sampai saat ini, penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak terhindarkan. [Rujukan?] Karena hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapatkan obat dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. [Rujukan?] Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.
Upaya pemberantasan narkoba sudah sering dilakukan [rujukan?], Tapi masih kurang mungkin untuk menghindari obat-obatan dari remaja dan orang dewasa dan bahkan anak-anak usia sekolah dasar dan SMP banyak yang jatuh ke penyalahgunaan narkoba. [Rujukan?] Hingga saat ini, upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba.
Berdasarkan efek kelompok
Berdasarkan efek pada pemakainya, obat dikelompokkan sebagai berikut:
• Halusinogen, yaitu efek obat dapat mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi untuk melihat hal / benda yang tidak ada / tidak begitu jelas ketika diambil dalam dosis tertentu. Contoh kokain dan LSD.
• Stimulan, efek dari obat-obatan yang dapat menyebabkan organ kerja seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya, sehingga yang lebih kuat dan cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.
• Depresan, yaitu efek obat yang dapat menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh, sehingga pemakainya merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadar. Misalnya heroin.
• Addictive, yaitu efek obat adiktif. Seseorang yang telah mengambil obat biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung pasif, karena obat tidak langsung memutuskan saraf-saraf di otak. Sebagai contoh: ganja, heroin, dan heroin.
• Jika terlalu lama dan kemudian obat itu secara bertahap rusak organ dalam tubuh dan jika tak terkira sehingga pengguna akhirnya akan menghasilkan overdosis dan kematian.
Jenis
• Heroin atau diamorfin (INN) adalah jenis alkaloid opioid.
Heroin adalah 3,6 - turunan diacetyl morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesis dari dengan asetilasi. Bentuk kristal putih umumnya garam hidroklorida, diamorfin hidroklorida. Heroin dapat menyebabkan kecanduan.
• Ganja (. Cannabis sativa syn Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya serat -producing, tapi lebih dikenal sebagai zat narkotika dalam biji, tetrahydrocannabinol (THC, tetra - hydro - cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (perasaan senang yang berkepanjangan tanpa sebab).
Marijuana menjadi simbol budaya hippie yang populer di Amerika Serikat. Hal ini biasanya dilambangkan dengan bentuk khas dari daun ganja. Selain ganja dan opium juga disebut-sebut sebagai simbol perlawanan mengalir globalisme kapitalis yang dikenakan negara-negara maju. Di India, sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shiva menggunakanproduk derivatif ganja untuk melakukan ritual pemujaan jalan melalui pipa Chilam mengisap Hashish / Chillum, dan dengan meminum Bhang.

pemanfaatan
Tanaman ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan dalam tas karena menghasilkan serat yang kuat. Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak.
Namun, karena ganja juga dikenal sebagai sumber narkotika dan kegunaan ekonomi lebih berharga, banyak orang yang menanam untuk hal ini dan di banyak tempat disalahgunakan.
Di sejumlah negara penanaman ganja dilarang. Di beberapa negara lain, tumbuh ganja diperbolehkan untuk kepentingan pemanfaatan serat. Syaratnya adalah varietas yang ditanam harus mengandung bahan-bahan narkotika yang sangat rendah atau tidak ada.
Sebelum ada larangan ketat terhadap penanaman ganja, daun ganja di Aceh menjadi komponen-komponen dan sayuran yang umum disajikan.
Untuk penggunanya, daun ganja kering dibakar dan dihisap seperti rokok, dan bisa juga dihisap dengan alat khusus yang disebut bola bong.
• Budidaya
Tanaman ini ditemukan di hampir setiap negara tropis. Bahkan beberapa negara beriklim sudah mulai membudidayakannya dalam rumah kaca.
• Morfin adalah alkaloid analgesik yang kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan dalam opium. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit. Efek samping morfin termasuk kehilangan kesadaran, euforia, mengantuk, lesu, dan penglihatan kabur. Morfin juga mengurangi rasa lapar, merangsang batuk, dan menyebabkan sembelit. Tinggi morfin adiktif dibandingkan dengan zat lain. Pasien morfin juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk.
Kata "morfin" berasal dari Morpheus, dewa mimpi dalam mitologi Yunani.
• Kokain adalah senyawa sintetis yang memicu sel menjadi metabolisme yang sangat cepat.
Kokain merupakan alkaloid yang diperoleh dari tanaman koka Erythroxylon, yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan "efek stimulan".
Kokain masih digunakan sampai sekarang sebagai anestesi lokal, terutama untuk operasi mata, hidung dan tenggorokan, karena efeknya vasokonstriksif juga membantu. Kokain diklasifikasikan sebagai narkotika, bersama dengan morfin dan heroin sebagai efek adiktif.
Singkatan dari Narkotika Obat, Alkohol, dan obat-obatan berbahaya. Kadang-kadang disebut sebagai obat (Narkotika, Psikotropika dan Aditif). Zat ini dapat membuat berbagai efek samping seperti halusinasi, kecanduan, dan efek psikologis lainnya. Cara untuk menggunakan dengan suntikan, dimakan, dihisap, atau dihirup. Contoh bahan berbahaya dikonsumsi dengan cara yang Opium adalah merokok menggunakan pipa hisap.
Zat-zat berbahaya diklasifikasikan menjadi;
• Narkotika
• Psikotropika
• Zat Adiktif

narkotika
Narkotika berasal dari bahasa Inggris "narkotika" yang berarti obat. Narkotika adalah zat yang berasal dari tiga jenis tanamanPapaper somniferum (Opium), Erythroxyion coca (kokain), dan cannabis sativa (ganja) baik dalam bentuk murni atau campuran. Cara kerjanya mempengaruhi sistem saraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan jika bagian tubuh Anda sakit sekalipun. Jenis-jenis tersebut adalah:
• Opium atau opioid atau opiat atau candu
• Codeine Codeine atau
• Metadon (MTD)
• LSD atau Lysergic Acid atau Acid atau Trips atau Tabs
• PC
• mescalin
• barbiturat
• Demerol atau Petidin atau Pethidina
• Dektropropoksiven
• Hashish (Berbentuk tepung dan berwarna hitam. Way ia menikmati dengan merokok atau dimakan. Narkotika Jenis kedua dikatakan agak tidak berbahaya hanya karena jarang membawa kematian)
psikotropika
Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika, zat buatan yang dibuat atau dimodifikasi dengan menyesuaikan struktur kimia. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan perilaku pemakainya. Jenis-jenis tersebut adalah:
• Ekstasi atau Inex atau Metamphetamines
• Demerol
• Kecepatan
• Angel Dust
• Sabu - sabu (shabu / shabu / ICE)
• Obat penenang - Hipnotik (Benzodiazepin / BDZ), BK, Lexo, MG, Rohip, Dum
• Megadon
• Nipam
Jenis Psikotropika juga sering dikaitkan dengan amfetamin istilah, di mana ada 2 jenis amfetamin MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal sebagai ekstasi. Lain pils nama fantasi, inex. Kemudian jenis lain adalah Metamfetamin bekerja lebih lama dibanding MDMA (bisa sampai 12 jam) dan efeknya halusinasi kuat. Nama lain shabu, SS, ice.

zat adiktif
Zat adiktif adalah zat yang bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara teratur.
• Alkohol
• Nikotin
• Kafein
• Zat Designer
Lihat juga
• Marijuana atau ganja (cannabis) atau ganja / cannabis
• Heroin atau heroin
• Morfin
• Kokain
referensi
• Zat Aphabetical
• Jenis Obat di Infonarkoba.com
Rincian tentang jenis obat • bnn.go.id
• Jenis Narkotika yang sering disalahgunakan
• artikel narkoba di Indonesiamedia
• (Indonesia) InfoNarkoba.com - Informasi Gateway Masalah Obat dan Solusi
• (Indonesia) Penyalahgunaan Narkoba naik Kinasih
kategori:
• Obat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar