MANFAAT MANDI KETIKA ATAU SEBELUM FAJAR

Sedangkan kesimpulan dari beberapa penelitian ditemukan 

orang itu harus membiasakan mandi fajar dengan air dingin, karena mandi pada waktu fajar dengan air dingin untuk manfaat kesehatan termasuk: 


1 Sirkulasi darah. Dawn mandi ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Menurut Drs. dr. Aru W. Sudoyo, MD spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas dan Rumah Sakit Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan saraf menjadi lebih aktif. Ini muncul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin singkat. Selama seseorang tidak sakit, maka mandi pagi atau sebelum fajar efek positif karena tubuh dicambuk oleh suhu rendah. 
2 Membuat kulit Anda halus dan indah. dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa mandi fajar untuk membangunkan tubuh tidur di mana metabolisme tubuh melambat. Diibaratkan membangunkan mesin awalnya kemudian meningkat perlahan. Suhu tubuh akan mencapai stabilitas. Hati termotivasi untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan tidak kering kulit akan meningkatkan dan menjadi lebih kenyal / lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi bintik-bintik gelap pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit terlihat segar 
3 Mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Menurut Frederic Premji serangan hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, varises dan pengerasan pembuluh darah, hal ini terjadi karena air akan mendinginkan sirkulasi darah ke seluruh organ-organ tubuh. 
4. Mampu meningkatkan sel darah putih. Mandi dengan air dingin di waktu fajar akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang mengakibatkan peningkatan daya tahan tubuh terhadap virus yang masuk ke dalam tubuh, dan tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. 
5. Mampu meningkatkan kesuburan. Mandi dengan air dingin juga memiliki efek positif pada kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita yang mempengaruhi kesuburan dan meningkatkan gairah seksual. 
6 Membuat sehat rambut. Apa sih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin? ternyata air dingin untuk menutup kutikula rambut, sehingga dapat mengurangi kerugian. Air dingin dapat melindungi rambut dari kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, sehingga rambut akan lebih sehat dan kuat. 

di samping itu, mandi berlebih sebelum fajar juga mampu Meredakan Depresi. Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, membuat jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat untuk menjalankan kegiatan sehari-hari - hari. 
- Catatan: Bagi mereka yang memiliki penyakit berat 
mandi dengan suhu air harus hangat (tidak panas) yang 
mendekati suhu tubuh sehingga penyesuaian sistem atau 
adaptasi yang lemah tidak dirangsang secara paksa. 
Terutama untuk orang-orang dengan eksim dan rematik tidak harus 
mandi aktivitas sebelum fajar kecuali dengan 
air hangat. Para penderita eksim jika menggunakan air mandi 
dingin akan menyebabkan ruam gatal pada kulit, sementara 
pasien dengan rheumatoid arthritis akan meningkatkan peradangan sendi. 
Perubahan suhu terlalu mendadak juga dapat menyebabkan aliran darah terganggu sehingga tekanan darah lebih tinggi dari normal yang menyebabkan munculnya hipertensi dan jantung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar