AKU DAN BANGSAKU

Mahasiswa adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik di universitas , institute atau akademi . tetapi menurut saya definisi mahasiswa tidak hanya sebatas itu , lebih luas lagi mahasiswa merupakan ujung tombak maju mundurnya suatu Negara . mahasiswa juga mempunyai peran yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan suatu Negara . mengapa dikatakan demikian ????

Karena mahasiswa menjadi salah satu tumpuan terbesar bagi suatu Negara , dengan semangat dan tekad yang kuat serta jiwa  muda yang menggelora  mahasiswa mampu mendorong perkembangan dalam berbagai bidang sosial , budaya dan politik .
Dalam bidang sosial , mahasiswa mempunyai jiwa yang kritis terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat , mahasiswa juga mempunyai kepedulian yang tinggi di lingkungan masyarakat dengan menggerakan masyarakat kea rah yang lebih baik , sebagai contoh : sering mengadakan sosialisasi di desa-desa di berbagai daerah , memberikan motivasi dan dorongan, membantu menghadapi masalah dan menemukan solusi yang terbaik .
Dalam bidang kebudayaan , mahasiswa merupakan sebuah minatur masyarakat intelektual yang memiliki corak keberagaman pemikiran  , gagasan dan ide-ide yang penuh dengan kreatifitas . mahasiswa merupakan elemen penting dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia agar tidak tergerus arus globalisasi . sebagai contoh : mahasiswa sering turun langsung menyuarakan pendapat tentang berbagai permasalahan budaya di Indonesia baik dalam seminar maupun demonstrasi di public . mahasiswa juga sering mengadakan acara-acara kebudayaan denagn menampilkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia melalui festival budaya , pawai , dll .
Dalam bidang politik , mahasiswa mampu mempengaruhi keadaan politik di Indonesia bahkan menjadi tonggak utama perpolitikan di indonesia . sejarah mencatat bahwa mahasiswa mampu mengubah tatanan politik di indonesia seperti pada masa pemerintahan orde baru menjadi reformasi .
Mahasiswa sebagai AGENT OF CHANGE : atau dalam kata lain sebagai agen perubahan .
Zaman menuntut hari kian lebih baikdari sebelumnya , dan sudah selayaknya sebagai pelajar yang mempunyai kedudukan paling tinggi mahasiswa ikut turun aktif dalam menyikapi perubahan maupun menjadi agen perubah bangsa untuk masa depan yang lebih baik dalam berbagai hal . dengan memanfaatkan kekayaan bangsa dan daya pikir yang tajam dan kritis , mahasiswa dapat dipercaya sebagai agen perubahan bangsa indonesia . gejolak dan semangat yang luar biasa membuat mahasiswa berani untuk keluar dari Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAKEM) apabila merasa tidak sesuai dengan apa yang mereka anggap benar .
Mahasiswa sebagai IRON STOCK :
Indonesia adalah Negara kesatuan yang berdaulat . di dalam Negara yang berdaulat pasti terdapat suatu pemerintahan yang absolute , dalam system pemerintahan pula terdapat kepemimpinan . kepemimpinan tidak hanya meliputi pemimpin atau atasan-atasan  namun lebih luas lagi merupakan jajaran yang ikut didalamnya baik pusat , daerah maupun organisasi .
Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang masih muda dan baru terjun dalam kehidupan . bibit-bibit muda inilah yang akan menggantikan suatu kepemimpinan yang telah habis masanya . dari ratusan ribu mahasiswa banyak yang di dalamnya memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta tanggung jawab yang tinggi pula yang nantinya akan mengisi dan menjadi bagian dari unsure kepemimpinan di Indonesia . ketersediaan pemimpin suatu Negara tergantung pada pemuda- pemudinya . itulah sebabnya dikatakan bahwa mahasiswa berperan sebagai IRON STOCK . pemuda-pemudi yang berkualitas adalah calon pemimpin terbaik yang di miliki bangsa Indonesia .
Mahasiswa sebagai SOCIAL CONTROL  :
Mahasiswa adalah pemuda-pemudi bangsa yang memiliki kemampuan dan keunggulan . mereka pula yang menjaga kestabilan Negara , membawa motivasi dan prubahan serta menjadi benih-benih unggul .
Dalam kehidupan ini mahasiswa yang kritis dan peka terhadap lingkungan selalu tanggap dan sadar apabila terjadi gejolak atau perubahan pada masyarakat dengan rasa peduli dan sikap sosialis mahasiswa mampu menjagakestabilan sosial .
Mahasiswa harus tahu keadaan sosial masyarakat Indonesia dan mampu mencari terobosan-terobosan untuk menemukan solusi dari berbagai masalah sosial yang timbul di lingkungan masyarakat Indonesia . dengan begitu mahasiswa tahu persis letak kestabilan sosial di Indonesia . itulah kenapa peran mahasiswa sangat berpengaruh sebagai pengawas dalam kehidupan sosial masyarakat .
Mahasiswa sebagai MORAL FORCE :
Kekuatan moral adalah kunci utama dalam peran mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara . kenapa harus moral force ?????
Karena dalam tatanan kehidupan tidak di pungkiri bahwa mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat . melihat dari berbagai sudut bahwa Indonesia saat ini hamper bisa di katakana bahwa  pemimpin dan generasi mudanya mengalami krisis moral seperti yang telah terjadi saat ini , banyak pemimpin yang tidak mempunyai moral yang baik , mereka cenderung tergerus kea rah globalisasi yang negatf dan bahkan ke gaya hidup yang kebarat-baratan . sungguh ironi bahwa seorang pemimpin yang seharusnya mampu menjadi tolak ukur moral dan teladan  bagi suatu bangsa dan masyarakat bersikap matrealisme dan tidak bertanggung jawab , mementingkan kepentingan pribadi dan golongan serta memilki sifat hedonisme seperti yang terjadi di Indonesia saat ini . tak henti-hentinya bermunculan kasus korupsi yang sangat merugikan bangsa Indonesia , padahal jika dilihat pelakunya adalah dari golongan orang-orang yang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi dan sangat baik . Apa  yang salah ??????
Penyebab utamanya adalah karena para pemimpin bangsa Indonesia saat ini sebagian besar tidak memiliki moral yang baik . bila sudah begitu apa yang harus dilakukan agar tidak terulanh hal-hal yang merugikan bangsa seperti korupsi dll ??????
Jawabannya adalah revolusi mental dan moral . dengan mental dan moral yang baik bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi Negara dengan mental dan moral terbaik . dijadikan panutan oleh berbagai Negara di seluruh penjuru dunia .
Dasar moral yang baik harus dimiliki setiap mahasiswa dan pemuda-pemudi bangsa ini , yang terpenting adalah jiwa religious yang baik , hal tersebut akan menjadi pilar utama dalam mewujukan kesejahteraan bangsa menuju bangsa yang cerdas dan didasari moral force dan religiusitas .


Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai berbagai hal yang menyangkut peranan mahasiswa dalam bangsa ini , saran saya adalah marilah kita sama-sama berjuang demi kemajuan dan kesuksesan bangsa bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan semata , mari kita wujudkan Indonesia yang bersih dan bermoral serta jauh dari sifat matrealisme , hedonism dll , mari kita perkuat bangsa ini dengan agama sebagai pedoman .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar