LATIHAN 1 ( MODUL 2 )
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas
kerjakanlah latihan berikut !
1.
Mengapa
anak usia 3 tahun sering berbicara sendiri dan suka membual ?
2.
Dengan
menipisnya daya khayal anak maka kemapuan memahami realitas akan mulai
berkembang. Berikan contoh situasi tersebut dalam kehidupan anak ?
3.
Apa
yang di maksud dengan usia bertanya dan bagaimana sikap orang tua dalam
menghadapi anak usia masa tersebut ?
Jawaban :
1.
Anak
usia 3 tahun sering berbicara sendiri dan suka membual karena anak usia 3 tahun
mempunyai daya imajinasi dan fantasi yang tinggi, dia suka berkhayal apa yang
baru dilihatnya dan apa yang disukai. Anak selalu bercerita tentang kejadian
yang dilihat sehingga terkesan membual, hal tersebut merupakan pengembangan
imajinasi ( kreatifitas ) anak. Disini guru harus mampu menyediakan media
pembelajaran untuk mengarahkan dan memberikan informasi kepada anak sehingga
kreatifitas anak bias berkembang dengan baik.
2.
Contohnya
bercita-cita
Dulu
masih daya khayalnya tinggi, anka ingin menjadi robot, supermen, setelah daya
khayal anak menipis anak mulai melihat realita profesi yang ada maka anak-anak
ini menjadi profesi guru, dokter, polisi.
3.
Yang
dimaksud usia bertanya adalah
Dalam
usia ini, keingintahuan anak sangat tinggi, anak selalu bertanya tentang
kejadian yang baru dilihatnya dan hal-hal yang merupakan hal yang baru bagi
anak selalu ditanyakan, masa ini merupakan masa peka menjadi sama dengan orang
lain di sekitarnya.seperti menuru pembiasaan atau tindakan orang lain yang
dilihatnya baik yang sesuai norma ataupum terkadang sesuai tingkah laku buruk
yang tidak pantas ia lakukan.
Sikap
orang tua dalam menghadapi masa ini, orang tua cenderung mengabaikanatau tidak
mau menjawab pertanyaan anak karena anak
itu dianggap cerewet dan itu tidak penting untuk di jawab. Dalam hal ini apa
yang dilakukan oleh orang tua sangat sangatlah kurang tepat. Imgat pada masa
ini adalah masa yang mana pertanyaan anak harus di jawab sehingga anak merasa
puas, karena keingintahuannya sudah bisa terjawab.
LATIHAN 1 ( MODUL 2 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas,
kerjakanlah latihan berikut !
1.
Diskusikan
bersama teman sejawat pengembangan kognitif berdasarkan klasifikasinya yang
telah Anda pelajari !
2.
Cobalah
susun kegiatan belajar berdasarkan masing-masing klasifikasi kognitif tersebut
dengan memperhatikan karakteristik perkembangan usia anak !
3.
Cobalah
praktekkan hasil kegiatanbelajr tersebut pada kasus pembelajaran !
Jawaban :
1.
Belum di ketik
2.
Susunan
kegiatan belajar
Pengembangan
Auditory kegiatan belajar mendengarkan/menirukan bunyi yang di dengar
sehari-hari.
Contoh : -
Menirukan bunyi klakson mobil
- Menirukan
suara binatang
Pengembangan
visual kegiatan belajar mengenali namanya sediri bila tertulis
Contoh : - Mengetahui
benda-benda miliknya sendiri
seperti buku, krayon,
tempat pensil yang sudah ada namanya
Pengembangan
yaktil kegiatan belajar bermain dengan plastisin
Contoh
: -
Anak bias membuat berbagai macam bentuk
binatang bunga dan
benda-benda lainnya
Pengembangan
kinestik kegiatan belajar mewarnai gambar
Contoh : -
mewarnai gambar pemandangan suadana pagi hari
Pengembangan
aritmatika kegiatan belajar menyebutkan urutan bilangan geometri
Contoh
: -
Anak dapat mencontoh bentuk geometri seperti : bentuk lingkaran,
segi empat, segitiga
dll.
Pengembangan
sains kegiatan belajar mengenai asal mula susuatu
Contoh : -
Nasi berasal dari beras berasal dari padi.
3.
Praktek
LATIHAN 1 ( MODUL 3 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas,
kerjakanlah latihan berikut !
1.
Buatlah
kegiatan permainan yang relevan dengan tahap perkembangan kognitif menurut
piaget !
2.
Tentukan
media yang relevan dengan tahap perkembangan kognitif menurut piaget !
3.
Jelaskan
perbedaan yang mendasar antara sensorimotor dengan praoprasional !
Jawaban
1.
2.
Umur
1 – 4 bulan anak menghisap jempol
Media : dengan jari jempolnya
sendiri
Umur 4 – 12 bulan menyediakan bebek karet atau boneka karet
Umur 12 – 24 bulan ketipung, drum dll.
3.
LATIHAN 2 ( MODUL 3 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas,
kerjakanlah latihan berikut !
1.
Jelaskan
apa tujuan diadakanya pengolahan informasi !
2.
Jelaskan
perhatian para ahli psikologi pengolahan informasi yang berkaitan dengan usia
anak !
3.
Jelaskan
langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah !
4.
Jelaskan
apa yang di maksud dengan kesadaran akan proses kognitif dalam permasalahan !
Jawaban
1.
Untuk
memahami bagaimana anak menafsirkan, menyimpan, mendapatkan kembali dan
mengevaluasi informasi atau untuk menghasilkan informasi baru.
2.
3.
LATIHAN 1 ( MODUL 4 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas,
kerjakanlah latihan berikut !
1.
Coba
cermati kembali 4 tahapan ZPD yang telah and baca. Berdasarkan tahapan ZPD itu,
cobalah anda ciptakan permainan menarik dan mampu meningkatkan kemampuan
kognitif anak. Tulislah langkah-langkah yang akan anda ambil dan bicarakan
dengan teman sejawat anda !
2.
Kembangkanlah
permainan yang menggunakan symbol dan bahasa seperti berbentuk kartu, display,
menggunakan papan panel dan sebagainya. Setiap permainan diupayakan menambah
sedikitnya 10 kata kata baru yang harus dipahami dan di mengerti anak. Gunakan teori vigotsky untuk mengembangkan
proses pembelajarannya. Hasil ciptaan dan kreatifitas anda bisa diuji – cobakan
dihadapan teman sejawat anda !
Jawaban
1.
Mengelompokkan
warna bola
Anak
diajak berjalan dengan satu kaki sekitar 3 meter
Mengambil
bola warna merah, kuning, hijau
Mengelompokkan
menurut warna tempat yang sudah disediakan
Kembali
ketempat semula dengan berjalan satu kaki
2.
Menyediakan
kartu angka
Menyediakan papan planel
Mengurutkan kartu angka mulai 1 -10 di papan planel
LATIHAN 1 ( MODUL 4 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah
latihan berikut !
Setelah
mempelajari dengan seksama modul 4 ini, maka unutk lebih memantapkan pemahaman
anda lakukanlah latihan berikut :
Menurut Vygotsky, ZPD merupakan suatu konsep untuk menghubungkan
antara pembelajaran dan perkembangan, dimana perkembangan kemampuan seseorang
dapat di bedakan dalam 2 tingkat, yaitu tingkat perkembangan actual dan tingkat
perkembangan potensial.
Berdasarkan pandangan tersebut :
1.
Lakukanlah
analisis antara kedua tingkat perkembangan ini dengan kurikulum berbasis
kompetensi yang akan diterapkan pada tahun 2004 !
2.
Apakah
sesuai apa tidak dengan pandangan Vygotsky tersebut ? berikan alasan terhadap
jawaban anda tersebut !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar