LATIHAN SOAL RK MODUL 2, 3, 4

LATIHAN 1 ( MODUL 2 )
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas kerjakanlah latihan berikut !
1.      Mengapa anak usia 3 tahun sering berbicara sendiri dan suka membual ?
2.      Dengan menipisnya daya khayal anak maka kemapuan memahami realitas akan mulai berkembang. Berikan contoh situasi tersebut dalam kehidupan anak ?

3.      Apa yang di maksud dengan usia bertanya dan bagaimana sikap orang tua dalam menghadapi anak usia masa tersebut ?
Jawaban :
1.      Anak usia 3 tahun sering berbicara sendiri dan suka membual karena anak usia 3 tahun mempunyai daya imajinasi dan fantasi yang tinggi, dia suka berkhayal apa yang baru dilihatnya dan apa yang disukai. Anak selalu bercerita tentang kejadian yang dilihat sehingga terkesan membual, hal tersebut merupakan pengembangan imajinasi ( kreatifitas ) anak. Disini guru harus mampu menyediakan media pembelajaran untuk mengarahkan dan memberikan informasi kepada anak sehingga kreatifitas anak bias berkembang dengan baik.
2.      Contohnya bercita-cita
*      Dulu masih daya khayalnya tinggi, anka ingin menjadi robot, supermen, setelah daya khayal anak menipis anak mulai melihat realita profesi yang ada maka anak-anak ini menjadi profesi guru, dokter, polisi.
3.      Yang dimaksud usia bertanya adalah
*      Dalam usia ini, keingintahuan anak sangat tinggi, anak selalu bertanya tentang kejadian yang baru dilihatnya dan hal-hal yang merupakan hal yang baru bagi anak selalu ditanyakan, masa ini merupakan masa peka menjadi sama dengan orang lain di sekitarnya.seperti menuru pembiasaan atau tindakan orang lain yang dilihatnya baik yang sesuai norma ataupum terkadang sesuai tingkah laku buruk yang tidak pantas ia lakukan.
*      Sikap orang tua dalam menghadapi masa ini, orang tua cenderung mengabaikanatau tidak mau menjawab pertanyaan  anak karena anak itu dianggap cerewet dan itu tidak penting untuk di jawab. Dalam hal ini apa yang dilakukan oleh orang tua sangat sangatlah kurang tepat. Imgat pada masa ini adalah masa yang mana pertanyaan anak harus di jawab sehingga anak merasa puas, karena keingintahuannya sudah bisa terjawab.
LATIHAN 1 ( MODUL 2 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1.      Diskusikan bersama teman sejawat pengembangan kognitif berdasarkan klasifikasinya yang telah Anda pelajari !
2.      Cobalah susun kegiatan belajar berdasarkan masing-masing klasifikasi kognitif tersebut dengan memperhatikan karakteristik perkembangan usia anak !
3.      Cobalah praktekkan hasil kegiatanbelajr tersebut pada kasus pembelajaran !
Jawaban :
1.       Belum di ketik
2.      Susunan kegiatan belajar
*      Pengembangan Auditory kegiatan belajar mendengarkan/menirukan bunyi yang di dengar sehari-hari.
*      Contoh      : -  Menirukan bunyi klakson mobil
  -  Menirukan suara binatang
*      Pengembangan visual kegiatan belajar mengenali namanya sediri bila tertulis
Contoh      : -  Mengetahui  benda-benda  miliknya  sendiri  seperti  buku,  krayon,
      tempat pensil yang sudah ada namanya
*      Pengembangan yaktil kegiatan belajar bermain dengan plastisin
Contoh      : -  Anak  bias  membuat  berbagai  macam  bentuk binatang bunga dan
                       benda-benda lainnya
*      Pengembangan kinestik kegiatan belajar mewarnai gambar
Contoh      : -  mewarnai gambar pemandangan suadana pagi hari
*      Pengembangan aritmatika kegiatan belajar menyebutkan urutan bilangan geometri
Contoh      : -  Anak dapat mencontoh bentuk geometri seperti : bentuk lingkaran,
                        segi empat, segitiga dll.
*      Pengembangan sains kegiatan belajar mengenai asal mula susuatu
Contoh      : -  Nasi berasal dari beras berasal dari padi.
3.      Praktek


LATIHAN 1 ( MODUL 3 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1.      Buatlah kegiatan permainan yang relevan dengan tahap perkembangan kognitif menurut piaget !
2.      Tentukan media yang relevan dengan tahap perkembangan kognitif menurut piaget !
3.      Jelaskan perbedaan yang mendasar antara sensorimotor dengan praoprasional !
Jawaban
1.       
2.      Umur 1 – 4 bulan anak menghisap jempol
Media  : dengan jari jempolnya sendiri
Umur 4 – 12 bulan menyediakan bebek karet atau boneka karet
Umur 12 – 24 bulan ketipung, drum dll.
3.       
LATIHAN 2 ( MODUL 3 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1.      Jelaskan apa tujuan diadakanya pengolahan informasi !
2.      Jelaskan perhatian para ahli psikologi pengolahan informasi yang berkaitan dengan usia anak !
3.      Jelaskan langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah !
4.      Jelaskan apa yang di maksud dengan kesadaran akan proses kognitif dalam permasalahan !
Jawaban
1.      Untuk memahami bagaimana anak menafsirkan, menyimpan, mendapatkan kembali dan mengevaluasi informasi atau untuk menghasilkan informasi baru.
2.       
3.       LATIHAN 1 ( MODUL 4 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
1.      Coba cermati kembali 4 tahapan ZPD yang telah and baca. Berdasarkan tahapan ZPD itu, cobalah anda ciptakan permainan menarik dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Tulislah langkah-langkah yang akan anda ambil dan bicarakan dengan teman sejawat anda !
2.      Kembangkanlah permainan yang menggunakan symbol dan bahasa seperti berbentuk kartu, display, menggunakan papan panel dan sebagainya. Setiap permainan diupayakan menambah sedikitnya 10 kata kata baru yang harus dipahami dan di mengerti anak.  Gunakan teori vigotsky untuk mengembangkan proses pembelajarannya. Hasil ciptaan dan kreatifitas anda bisa diuji – cobakan dihadapan teman sejawat anda !
Jawaban
1.      Mengelompokkan warna bola
*      Anak diajak berjalan dengan satu kaki sekitar 3 meter
*      Mengambil bola warna merah, kuning, hijau
*      Mengelompokkan menurut warna tempat yang sudah disediakan
*      Kembali ketempat semula dengan berjalan satu kaki
2.      Menyediakan kartu angka
Menyediakan papan planel
Mengurutkan kartu angka mulai 1 -10 di papan planel

LATIHAN 1 ( MODUL 4 )
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut !
            Setelah mempelajari dengan seksama modul 4 ini, maka unutk lebih memantapkan pemahaman anda lakukanlah latihan berikut :
Menurut Vygotsky, ZPD merupakan suatu konsep untuk menghubungkan antara pembelajaran dan perkembangan, dimana perkembangan kemampuan seseorang dapat di bedakan dalam 2 tingkat, yaitu tingkat perkembangan actual dan tingkat perkembangan potensial.
Berdasarkan pandangan tersebut :
1.      Lakukanlah analisis antara kedua tingkat perkembangan ini dengan kurikulum berbasis kompetensi yang akan diterapkan pada tahun 2004 !
2.      Apakah sesuai apa tidak dengan pandangan Vygotsky tersebut ? berikan alasan terhadap jawaban anda tersebut !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar