PROPOSAL TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAHARANI MALANG
2013/2014


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan karunianya-Nya proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Proposal “Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (Taks)” ini dibuat untuk memenuhi tugas mahasiswa dari mata kuliah Keperawatan Jiwa  semester IV tahun ajaran 2013/2014 STIKES Maharani Malang
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan proposal ini di masa mendatang.
Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa khususnya keperawatan. Dan semoga proposal ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk pembuatan proposal selanjutnya serta dapat menambah pengetahuan para mahasiswa khususnya keperawatan.


BAB I
Pendahuluan

1.1    Latar Belakang
            Sosialisasi adalah kemampuan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain (Gail W. Stuart, 2007). Penurunan sosialisasi dapat terjadi pada individu yang menarik diri, yaitu percobaan untuk menghindari interaksi dengan orang lain (Rowlins, 1993). Dimana individu yang mempunyai mekanisme koping adaptif, maka peningkatan sosialisasi lebih mudah dilakukan. Sedangkan individu yang mempunyai mekanisme koping maladaptif (skizofrenia), bila tidak segera mendapatkan terapi atau penanganan yang baik akan menimbulkan masalah-masalah yang lebih banyak dan lebih buruk. (Keliat dan Akemat, 2005) menjelaskan bahwa untuk peningkatan sosialisasi pada klien skizofrenia bisa dilakukan dengan pemberian Terapi Aktifitas Kelompok sosialisasi. Namun kenyatannya pada saat ini di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya pengaruh TAK sosialisasi masih diragukan, hal ini disebabkan karena jumlah klien dengan riwayat menarik diri masih relatif banyak meskipun TAK sosialisasi sudah dilakukan.
            Hampir di seluruh dunia terdapat sekitar 450 juta (11%) orang yang mengalami skizofrenia (ringan sampai berat) (WHO, 2006). Hasil survey Kesehatan Mental Rumah Tangga di Indonesia menyatakan bahwa 185 orang per 1000 penduduk di Indonesia mengalami skizofrenia (ringan sampai berat). Berdasarkan survey di rumah sakit jiwa, masalah keperawatan yang paling banyak ditemukan adalah menarik diri (17,91 %), halusinasi (26,37 %), perilaku kekerasan (17,41 %), dan harga diri rendah (16,92 %) (Pikiran Rakyat Bandung, 2007).
     
            Dampak yang dapat ditimbulkan oleh menarik diri pada klien skizofrenia adalah ; 1) Kerusakan komunikasi verbal dan non verbal, 2) Gangguan hubungan interpersonal, 3) Gangguan interaksi sosial, 4) resiko perubahan persepsi sensori (halusinasi). Bila klien menarik diri tidak cepat teratasi maka akan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain (Budi Anna Kelliat, 2006)
            Penatalaksanaan klien dengan riwayat menarik diri dapat dilakukan salah satunya dengan pemberian intervensi Terapi Aktivitas Kelompok sosialisasi, yang merupakan salah satu terapi modalitas keperawatan jiwa dalam sebuah aktifitas secara kolektif dalam rangka pencapaian penyesuaian psikologis, prilaku dan pencapaian adaptasi optimal pasien. Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) sosialisasi adalah upaya memfasilitasi kemampuan klien dalam meningkatkan sosialisasi. Dari latar belakang tersebut diatas penulis tertarik membuat penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) sosialisasi terhadap peningkatan sosialisasi pada klien skizofrenia dengan riwayat menarik diri.


BAB II
RENCANA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI : MENARIK DIRI


2.1      Tujuan
2.1.1  Tujuan Umum
Klien dapat meningkatkan hubungan sosial dalam kelompok secara bertahap.
2.1.2     Tujuan Khusus
1)        Klien mampu memperkenalkan diri
2)        Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok
3)        Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok
4)        Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik percakapan
5)        Klien mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi pada orang lain
6)        Klien mampu bekerja sama dalam permainan sosialisasi kelompok
7)        Klien mampu menyampikan pendapat tentang manfaat kegiatan tentang TAKS yang telah dilakukan

2.2            Waktu dan Tempat
Hari/ tanggal      :
Jam                    :
Tempat               : Ruang kelas

2.3.            Metode
1.      Dinamika kelompok
2.      Diskusi dan tanya jawab
3.      Bermain peran/ simulasi



2.4            Media/ Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

2.5.   Seting Tempat
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang

 2.6  Pembagian Tugas
Leader
  Menyusun rencana terapi aktivitas kelompok
  Mengarahkan kelompok sesuai tujuan
  Memimpin jalannya terapi aktivitas kelompok dengan tertib
  Memotivasi anggota untuk aktif selama kegiatan terapi aktivitas kelompok
  Menetralisir masalah yang mungkn timbul pada saat pelaksanaan

Co-Leader
  Membantu leader mengoraganisasikan kelompok
  Menyampaikan informasi dari fasilitator ke leader atau sebaliknya
  Mengingatkan leader jika kegiatan menyimpang

Fasilitator
Memfasilitasi media dalam kegiatan terapi aktivitas kelompok
Mengatur jalannya aktivitas kelompok
Membantu kelompok berperan aktif
Berperan sebagai role model bagi klien selama proses aktivitas kelompok
Mengantisipasi masalah yang akan terjadi

Observer
  Mengobservasi respon klien
  Mencatat perilaku klien selama dinamika kelompok
  Mencatat semua proses yang terjadi dan melaporkannya

2.7.   Susunan Pelaksanaan
1.Susunan perwat pelaksana TAKS sebagai berikut:
1)      Leader :
2)      Co. Leader:
3)      Fasilitator  :
4)      Observer   :
  2.Klien peserta TAKS sebagai berikut:
1)      Tn. N
2)      Tn.K
3)      Tn.M
4)      Tn.J

2.8.Tata tertib dan Antisipasi Masalah
Tata Tertib
1.      Peserta bersedia mengikuti kegiatan TAK.
2.      Peserta wajib hadir 5 menit sebelum acara dimulai.
3.      Peserta berpakaian rapih, bersih dan sudah mandi.
4.      Tidak diperkenankan makan, minum, merokok selama kegiatan (TAK) berlangsung.
5.      Jika ingin mengajukan/menjawab pertanyaan, peserta mengangkat tangan kanan dan berbicara setelah dipersilahkan oleh pemimpin.
6.      Peserta yang mengacaukan jalannya acara akan dikeluarkan.
7.      Peserta dilarang keluar sebelum acara TAK selesai.
8.      Apabila waktu TAK sesuai kesepakatan telah habis, namun Tak belum selesai, maka pemimpin akan meminta persetujuan anggota untuk memperpanjang waktu TAK kepada anggota.

Antisipasi
1.                   Penanganan klien yang tidak aktif saat aktifitas kelompok
-          Memanggil klien
-          Memberi kesempatan kepada klien tersebut untuk menjawab sapaan perawat atau klien yang lain
2.                   Bila klien meninggalkan permainan tanpa pamit:
-          Panggil nama klien
-          Tanya alasan klien meninggalkan permainan
-          Berikan penjelasan tentang tujuan permainan dan berikan penjelasan pada klien bahwa klien dapat melaksanakan keperluannya setelah itu klien boleh kembali lagi
3.                   Bila ada klien lain ingin ikut
-          Berikan penjelasan bahwa permainan ini ditujukan pada klien yang telah dipilih
-          Katakan pada klien lain bahwa ada permainan lain yang mungkin dapat diikuti oleh klien tersebut
-          Jika klien memaksa, beri kesempatan untuk masuk dengan tidak memberi peran pada permainan tersebut.

1.      SESI 1 : Kemampuan memperkenalkan diri

            1). Tujuan
      Klien mampu memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, nama       panggilan, asal dan hobi.
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
a.       Jelaskan kegiatan, yaitu hidupkan laptop dan play musik serta bola diedarkan berlawanan dengan arah jarum jam (yaitu kearah kiri) dan pada saat musik dimatikan maka anggota kelompok yang memegang bola memperkenalkan dirinya.
b.      Hidupkan musik kembali dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam
c.       Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyebutkan : salam, nama lengkap , nama panggilan, hobi, dan asal, dimulai oleh terapis sebagai contoh.
d.       Ulangi b, c, dan d sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
e.       Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap terminasi
a)      Evaluasi
1)      Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti tak
2)      Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
b)      Rencana tindak lanjut
1)      Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri pada orang lain di kehidupan sehari-hari.
2)      Memasukan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien.
c)      Kontrak yang akan datang
1)      Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
2)      Menyepakati waktu dan tempat

6).Evaluasi dan dokumentasi
a.Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses tak berlangsung, khususnya pada tahap kerja untuk menilai kemampuan klien untuk melakukan tak. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK sesi 1, dievaluasi kemampuan klien memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut.

Kemampuan memperkenalkan diri
a.        Kemampuan verbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menyebutkan nama lengkap
2 Menyebutkan nama panggilan
3 Menyebutkan asal
4 Menyebutkan hobi
Jumlah

b.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 klien mampu, dan jika nilai 0, 1, atau 2 klien belum mampu.
Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika tak pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi 1 TAKS, klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal,dianjurkan klien memperkenalkan diri pada klien lain di ruang rawat (buat jadwal)

2.SESI 2 : TAKS Kemampuan Berkenalan
1).Tujuan
Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok :
a.       Memperkenalkan diri sendiri : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi.
b.      Menanyakan diri anggota kelompok lain : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi.
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk berkenalan dengan anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara :
-          Memberi salam
-          Menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi.
-          Menanyakan nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi lawan bicara.
-          Dimulai oleh terapis sebagai contoh
•         Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik  dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola untuk memperkenalkan anggota kelompok  yang disebelah kanannya kepada kelompok, yaitu : nama lengkap, nama panggilan , asal  dan hobi. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.
•         Ulangi d sampai semua anggota mendapat giliran.
•         Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap terminasi
a)      Evaluasi
1)      Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti tak
2)      Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
b)      Rencana tindak lanjut
1)      Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri pada orang lain di kehidupan sehari-hari.
2)      Memasukan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien.
c)      Kontrak yang akan datang
1)      Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
2)      Menyepakati waktu dan tempat

6).Evaluasi dan dokumentasi
a.Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses tak berlangsung, khususnya pada tahap kerja untuk menilai kemampuan klien untuk melakukan tak. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK sesi 2, dievaluasi kemampuan klien memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut.

Kemampuan memperkenalkan diri
.       Kemempuan verbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menyebutkan nama lengkap
2 Menyebutkan nama panggilan
3 Menyebutkan asal
4 Menyebutkan hobi
5 Menanyakan nama lengkap
6 Menanyakan nama panggilan
7 Menanyakan asal
8 Menanyakan hobi
Jumlah

b.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 klien mampu, dan jika nilai 0, 1, atau 2 klien belum mampu.
Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika tak pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi 2 TAKS, klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal,dianjurkan klien memperkenalkan diri pada klien lain di ruang rawat (buat jadwal)

3.SESI 3 : TAKS Kemampuan Bercakap-cakap
1).Tujuan
Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok :
a.       Menanyakan kehidupan pribadi kepada 1 orang anggota kelompok
b.      Menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk bertanya tentang kehidupan pribadi anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara :
-                 Memberi salam
-                 Memanggil panggilan
-                 Menanyakan kehidupan pribadi : orang terdekat/dipercayai/ disegani, pekerjaan.
-                 Dimulai oleh terapi sebagai contoh

Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap terminasi
a)      Evaluasi
1)      Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti tak
2)      Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
b)      Rencana tindak lanjut
1)      Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri pada orang lain di kehidupan sehari-hari.
2)      Memasukan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien.
c)      Kontrak yang akan datang
1)      Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
2)      Menyepakati waktu dan tempat

6).Evaluasi dan dokumentasi
a.Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses tak berlangsung, khususnya pada tahap kerja untuk menilai kemampuan klien untuk melakukan tak. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK sesi 3, dievaluasi kemampuan klien memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut.

Kemampuan memperkenalkan diri
Kemampuan Bercakap-cakap
a.       Kemampuan verbal : bertanya
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Mengajukan pertanyaan yang jelas
2 Mengajukan pertanyaan yang ringkas
3 Mengajukan pertanyaan yang relevan
4 Mengajukan pertanyaan secara spontan
Jumlah

b.      Kemampuan verbal : menjawab
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menjawab dengan jelas
2 Menjawab dengan ringkas
3 Menjawab dengan relevan
4 Menjawab dengan jelas
Jumlah

c.       Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 klien mampu, dan jika nilai 0, 1, atau 2 klien belum mampu.
Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika tak pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi 3 TAKS, klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal,dianjurkan klien memperkenalkan diri pada klien lain di ruang rawat (buat jadwal)

c.       4.        SESI 4 : TAKS Kemampuan Bercakap-cakap dengan Topik Tertentu
1).Tujuan
Klien mampu menyampaikan topik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok :
a.       Menyampaikan topik yang ingin dibicarakan
b.      Memilih topik yang ingin dibicarakan
c.       Memberi pendapat tentang topik yang dipilih
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. Misalnya, ”cara bicara yang baik” atau ”cara mencari teman”.
•         Tuliskan pada flipchart atau white board topik yang disampaikan secara berurutan.
•         Ulangi a, b, dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan topik yang ingin dibicarakan.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola untuk memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada.
•         Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih topik.
•         Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola untuk menyampaikan pendapat tentang topik yang dipilih.
•         Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.
•         Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap terminasi
•         evaluasi
-          menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
-          memberi pujian atas keberhasilan kelompok
•         rencana tindak lanjut
-          menganjurkan setiap anggota kelompok latihan bertanya, meminta, menjawab, dan memberi pada kehidupan sehari-hari (kerja sama).
-          memasukan kegiatan bekerja sama pada jadwal kegiatan harian klien.
•         kontrak yang akan datang
-          menyepakati kegiatan berikut, yaitu mengevaluasi kegiatan TAKS.
-          menyepakati waktu dan tempat

Kemampuan Bercakap-cakap topik tertentu
a.       Kemampuan verbal : menyampaikan topik
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menyampaikan topik dengan jelas
2 Menyampaikan topik secara ringkas
3 Menyampaikan topik yang relevan
4 Menyampaikan topik secara spontan
Jumlah

b.      Kemampuan verbal : memilih topik
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Memilih topik dengan jelas
2 Memilih topik secara ringkas
3 Memilih topik yang relevan
4 Memilih topik secara spontan
Jumlah

c.       Kemampuan verbal : memberi pendapat
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Memberi pendapat dengan jelas
2 Memberi pendapat secara ringkas
3 Memberi pendapat yang relevan
4 Memberi pendapat secara spontan
Jumlah

d.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4 klien mampu dan jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu.

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika TAKS. Misalnya, kemempuan verbal menyampaikan dan memilih topik percakapan 3, kemampuan memberi pendapat 2, dan kemampuan non verbal 2. oleh karena itu, catatan keperawatan adalah klien mengikuti TAKS sesi 4, klien mampu menyampaikan dan memilih topik percakapan, tetapi belum mampu memberi pendapat. Secara non verbal juga belum mampu. Dianjurkan untuk melatihan klien bercakap-cakap dengan topik tertentu di ruang rawat ( buat jadwal ).

5. SESI 5 : TAKS Kemampuan Bercakap-cakap Masalah Pribadi
1).Tujuan
Klien mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi dengan orang lain :
a.       Menyampaikan masalah pribadi
b.      Memilih satu masalah untuk dibicarakan
c.       Memberi pendapat tentang masalah pribadi yang dipilih
2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu masalah pribadi yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. Misalnya, ”sulit beercerita” atau ”tidak diperhatikan ayah/ibu/kakak/teman”.
•         Tuliskan pada flipchart atau white board masalah yang disampaikan.
•         Ulangi a, b, dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan masalah yang ingin dibicarakan.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, anggota yang memegang bola memilih masalah yang ingin dibicarakan.
•         Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih masalah yang ingin dibicarakan.
•         Terapis membantu menetapkan masalah yang paling banyak dipilih.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang masalah yang dipilih.
•         Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.
•         Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap terminasi
•         evaluasi
-          menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
-          memberi pujian atas keberhasilan kelompok.
•         rencana tindak lanjut
-          menganjurkan setiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari.
-          memasukan kegiatan bercakap-cakap tentang masalah pribadi pada jadwal kegiatan harian klien.
•         kontrak yang akan datang
-          menyepakati kegiatan berikutnya, yaitu bekerja sama dalam kelompok.
-          menyepakati waktu dan tempat

Kemampuan Bercakap-cakap masalah pribadi
a.       Kemampuan verbal : menyampaikan topik
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menyampaikan topik dengan jelas
2 Menyampaikan topik secara ringkas
3 Menyampaikan topik yang relevan
4 Menyampaikan topik secara spontan
Jumlah

b.      Kemempuan verbal : memilih topik
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Memilih topik dengan jelas
2 Memilih topik secara ringkas
3 Memilih topik yang relevan
4 Memilih topik secara spontan
Jumlah

c.       Kemampuan verbal : memberi pendapat tentang masalah
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Memberi pendapat dengan jelas
2 Memberi pendapat secara ringkas
3 Memberi pendapat yang relevan
4 Memberi pendapat ssecara spontan
Jumlah

d.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4 klien mampu dan jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu.

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika TAKS pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, kemampuan menyampaikan topik masalah pribadi yang akan dipercakapkan 3, memilih dan memberi pendapat 2, dan kemampuan non verbal 4. Untuk itu, catatan keperawatannya adalah klien mengikuti TAKS sesi 5, klien mampu menyampaikan masalah pribadi yang ingin dibicarakan, belum mampu memilih dan memberi pendapat, tapi non verbal baik. Anjurkan/latih klien untuk bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan perawat dan klien lain di ruang rawat ( buat jadwal ).

6.SESI 6 : TAKS Kemampuan Bekerjasama
1).Tujuan
Klien mampu bekerja sama dalam permainan sosialisasi kelompok :
a.       Bertanya dan meminta sesuai dengan kebutuhan pada orang lain
b.      Menjawab dan memberi pada orang lain sesuai dengan permintaan
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu masalah pribadi yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. Misalnya, ”sulit beercerita” atau ”tidak diperhatikan ayah/ibu/kakak/teman”.
•         Tuliskan pada flipchart atau white board masalah yang disampaikan.
•         Ulangi a, b, dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan masalah yang ingin dibicarakan.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, anggota yang memegang bola memilih masalah yang ingin dibicarakan.
•         Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih masalah yang ingin dibicarakan.
•         Terapis membantu menetapkan masalah yang paling banyak dipilih.
•         Hidupkan kembali musik dan edarkan bola. Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang masalah yang dipilih.
•         Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.
•         Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d.      Tahap Terminasi
•         evaluasi
1)      menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
2)      memberi pujian atas keberhasilan kelompok.
•         rencana tindak lanjut
•         menganjurkan setiap anggota kelompok latihan bertanya, meminta menjawab, dan memberi pada kehidupan sehari-hari (kerja sam).
•         memasukan kegiatan bekerja sama pada jadwal kegiatan harian klien.
•         kontrak yang akan datang
-          menyepakati kegiatan berikutnya, yaitu mengevaluasi kegiatan TAKS.
-          menyepakati waktu dan tempat.

6).Evaluasi dan dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi dilakukan menggunakan formulir di bawah ini pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS sesi 6, dievaluasi kemampuan verbal klien dalam bertanya, meminta, menjawab, dan memberi serta kemampuan nonverbal.

Kemampuan bekerja sama
a.       Kemempuan verbal : bertanya dan meminta serta menjawab dan memberi
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Bertanya dan meminta dengan jelas
2 Bertanya dan meminta dengan ringkas
3 Bertanya dan meminta yang relevan
4 Bertanya dan meminta secara spontan
Jumlah

No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menjawab dan memberi dengan jelas
2 Menjawab dan memberi secara ringkas
3 Menjawab dan memberi yang relevan
4 Menjawab dan memberi secara spontan
Jumlah

b.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4 klien mampu dan jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu.

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika TAKS pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, kemampuan verbal bertanya, meminta, menjawab, dan memberi 4, serta kemampuan nonverbal 4. Maka, catatan keperawatannya adalah klien mengikuti TAKS sesi 6, klien mampu secara verbal dan nonverbal dalam bertanya, meminta, menjawab, dan memberi. Anjurkan klien melakukannya di ruang rawat ( buat jadwal ).

7.SESI 7 : TAKS Evaluasi Kemampuan Sosialisasi
1).Tujuan
Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang telah dilakukan
            2). Setting
1.      klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
2.      ruang nyaman dan tenang
            3).Alat
1.      laptop
2.  Musik/ lagu
3.      bola tennis
4.      buku catatan dan pulpen
5.      jadwal kegiatan klien

            4).Metode
a.       Dinamika kelompok
b.      Diskusi dan tanya jawab
c.       Bermain peran/simulasi

            5).Langkah kegiatan
a.Persiapan
a)      Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial
b)      Membuat kontrak dengan klien
c)      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

b.Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a)Memberi salam terapeutik : salam dari terapis
b)      Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini
c)    Kontrak :
-          Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri
-          Menjelaskan aturan main/terapi :
o   Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai

c.Tahap kerja
•         Hidupkan laptop dan play musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
•         Pada saat musik dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat kesempatan dan menyampaikan pendapat tentang manfaat 6 kali pertemuan yang telah berlalu.
•         Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.
•         Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

d.Tahap Terminasi
•         evaluasi
menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
-          memberi pujian atas keberhasilan kelompok.
-          Menyimpulkan 6 kemampuan pada 6 kali pertemuan yang lalu

•         rencana tindak lanjut
-         menganjurkan setiap anggota kelompok tetap melatih diri untuk 6 kemampuan yang telah dimiliki, baik di RS maupun di rumah.
-         Melakukan pendidikan kesehatan kepada keluarga untuk memberi dukungan pada klien dalm menjalankan kegiatan hidup sehari-hari.
•         kontrak yang akan datang
menyepakati rencana evaluasi kemampuan secara periodik.

6).Evaluasi dan dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi dilakukan menggunakan formulir di bawah ini pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS sesi 7, dievaluasi kemampuan verbal klien menyampaikan manfaat TAKS yang telah berlangsung 6 sesi secara verbal dan disertai kemampuan non verbal.

Evaluasi Kemampuan Sosialisasi
a.       Kemampuan verbal : menyebutkan manfaat 6 kali TAKS
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Menyebutkan manfaat secara jelas
2 Menyebutkan manfaat secara ringkas
3 Menyebutkan manfaat yang relevan
4 Menyebutkan manfaat secara spontan
Jumlah

b.      Kemampuan nonverbal
No. Aspek yang dinilai Nama Klien

1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah

Petunjuk
1.      Dibawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS.
2.      Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda [√] jika ditemukan pada klien atau tanda [x] jika tidak ditemukan.
3.      Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4 klien mampu dan jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu.

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika akhir TAKS pada catatan proses keperawatan setiap klien. Disimpulkan kemampuan yang telah dapat diterapkan oleh klien sehari-hari. Untuk klien yang telah mampu, maka dianjurkan dan dievaluasi pada kegiatan sehari-hari (melalui jadwal kegiatan keseharian). Jika klien belum mampu, klien dapat disertakan pada kelompok TAKS yang baru.

2.9.  Kriteria Hasil
1.         SESI I
1)      Evaluasi Struktur
A.    Tim Berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 Leader, 1 Co-Leader, 4 Fasilitator, dan 1 Observer.
B.     Lingkungan Tenang.
C.     Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan yang disukai dan hobinya.
b.      Minimal 75% mampu menyebutka identitas pasangan bermainnya.
c.       Minimal 75% mampu menyebutkan identitas  satu pasangan lain yang mengikuti TAK
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan permainan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK

2.    SESI II
1)      Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 leader, 1 Co-leader, 4 fasilitator, dan 1 observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu berkenalan dengan anggota kelompok.
b.      Minimal 75% mampu memperkenalkan dirinya sendiri
c.       Minimal 75% mampu menanyakan diri anggota kelompok lain
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK
3.        SESI
1)      Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 Leader, 1 Co-leader, 4 fasilitator, dan 1 Observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu bercakap cakap dengan anggota kelompok.
b.      Minimal 75% mampu menanyakan kehidupan peribadi 1 orang anggota kelompok
c.       Minimal 75% mampu menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK

4.    SESI IV
1)      Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 Leader, 1 Co-leader, 4 fasilitator, dan 1 Observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu bercakap cakap dengan topik tertentu dengan anggota kelompok.
b.      Minimal 75% mampu menyampaikan topik yang ingin dibicarakan
c.       Minimal 75% mampu memilih topik yang ingin dibicarakan
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK

5. SESI V
1)        Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 Leader, 1 Co-leader, 4 fasilitator, dan 1 Observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
c.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
d.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu bercakap cakap dengan masalah  dengan pribadi anggota kelompok.
b.      Minimal 75% mampu menyampaikan topik yang ingin dibicarakan
c.       Minimal 75% mampu memilih  salah satu masalah yang ingin dibicarakan
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK

6.SESI VI
1)      Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 leader, 1 Co- leader, 4 fasilitator, dan 1 observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.
3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu bekerja sama dalam permainan sosial kelonmpok
b.      Minimal 75% mampu bertanya dan meminta sesuai dengan kebutuhan pada orang lain
c.       Minimal 75% mampu menjawab dan memberi pada orang lain sesuai dengan permintaan.
d.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
e.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK

7.SESI VII
1)      Evaluasi Struktur
a.       Tim berjumlah 7 orang. terdiri atas 1 leader, 1 Co leader, 4 fasilitator, dan 1 observer.
b.      Lingkungan tenang.
c.       Peralatan

2)      Evaluasi Proses
a.       Minimal 75% dapat mengikuti permainan dan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b.      Minimal 75% klien aktif mengikuti kegiatan.

3)      Evaluasi hasil
a.       Minimal 75% mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang telah dilakukan
b.      Minimal 75% mampu mengikuti peraturan kegiatan.
c.       Minimal 75% mampu menyebutkan manfaat dari TAK


BAB III
PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

Kelaiat BA dan Akemat. (2005). Keperawatan Jiwa Terapi Aktivitas Kelompok. Jakarta:EGC
Keliat BA, Panjaitan RA, Helena N, (2006). Proses Keperawatan KesehatanJiwa.
Edisi 2. Jakarta : EGC








Tidak ada komentar:

Posting Komentar