Tips Praktis Cara Perawatan Printer

  1. Menggunakan Printer dengan teratur secara berkala, minimal 1 kali pemakaian dalam seminggu
Printer yang terlalu lama tidak digunakan maka akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.


  1. Pengisian Tinta
Segera refill atau isi tinta printer bila habis, karena tips ini juga akan membuat head catridge printer yang Anda gunakan menjadi awet dan tahan lama.

  1. Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power
Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head catridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.
  1. Hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor

Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kerta akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.
  1. Menjaga Kebersihan Printer

Setelah selesai digunakan jangan biarkan printer terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer.

Bagaimana, setelah membaca beberapa poin tips cara merawat printer agar awet dan tahan lama seperti ulasan diatas, maka saya yakin tidaklah sulit untuk merawat printer yang Anda gunakan dari berbagai macam kerusakan. Selain caranya mudah juga tidak akan menyita waktu, semoga tips sederhana bisa membantu dan berguna bagi siapa saja.
 
Tinta digunakan dalam berbagai cara selama proses cetak menggunakan printer inkjet seperti HP Deskjet, PhotoSmart, dan OfficeJet. Seperti kita tahu, tinta dalam kartrid digunakan untuk mencetak dokumen dan foto. Namun tidak semua tinta dihabiskan untuk mencetak dokumen maupun foto tersebut. Sebagian perlu disisakan untuk menjaga kesehatan print head; sebagian menjadi sisa, dan sebagian lagi menguap. Hal ini umum terjadi pada semua merek dan model printer inkjet. Cara yang digunakan untuk mengukur jumlah halaman cetak tidak cukup menggambarkan seluruh proses yang dijelaskan di atas, karena itu hasil cetak Anda mungkin berbeda dari informasi yang tercantum di kemasan maupun brosur spesifikasi. Printer inkjet HP dirancang untuk memberikan manfaat maksimal dalam mencetak dokumen selama umur printer.

Dalam mencetak, sebagian tinta digunakan untuk mempersiapkan printer

Secara umum, ada dua macam desain pada printer HP: print head terintegrasi ke dalam satu kartrid tinta (Integrated Print Head, IPH), dan print head pada kartrid terpisah (Individual Ink Cartridge, IIC). Saat digunakan, baik desain IPH maupun IIC melakukan start up dan kalibrasi, yang mengkonsumsi sejumlah tinta untuk memastikan keandalan dan kualitas cetak yang optimal. Selain itu, printer IIC juga menggunakan tinta dalam proses maintenance print head agar lebih awet melalui pembersihan penyimpanan dan memompa tinta melalui print head. Printer IIC menggunakan lebih banyak tinta di start-up daripada printer IPH karena menggunakan prosedur start-up tambahan. Saat penggantian kartrid, baik printer IIC maupun IPH, kartrid baru melakukan start-up rutin yang juga memerlukan sejumlah tinta.

Sebagian tinta digunakan pada print head dan mencegah penyumbatan

Kadangkala, kepala nozzle (nosel) dapat mengalami penyumbatan, biasanya akibat partikel debu mikro atau akibat tinta yang kering. Agar tetap bersih dan siap dipakai, nosel dapat dibersihkan dengan mengelap permukaan menggunakan karet wiper kecil, atau memompa tinta keluar dari nosel agar bersih dari partikel serta mencegah pengeringan menggunakan tinta untuk membersihkan print head. Agar printer tetap dalam kondisi prima saat mencetak warna maupun hitam, prosedur pembersihan ini biasanya menggunakan sebagian tinta dari kartrid, bahkan jika dokumen yang dicetak hanya hitam atau warna. 

Gelembung udara dalam tinta kadang dapat menyumbat aliran tinta pada printer IIC. Di beberapa printer IIC, gelembung udara mungkin terjadi akibat penggantian kartrid. Gelembung udara ini dapat dihilangkan dengan memompanya keluar dari print head. Saat mengeluarkan gelembung udara, sebagian tinta juga terbuang. Pada sistem IIC, sebagian warna terbentuk dari print head yang sama. Apabila satu kartrid warna berubah, sebagian tinta dapat dibentuk menggunakan warna dari kartrid tinta warna lain menggunakan print head yang sama.

Waktu antar pekerjaan mencetak mempengaruhi jumlah tinta

Jumlah tinta yang tersedia untuk mencetak juga tergantung pada kebiasaan mencetak. Secara umum, printer yang digunakan secara teratur akan mengkonsumsi lebih sedikit tinta untuk maintenance. Sebaliknya, apabila jarak antara pekerjaan cetak lebih lama, maka diperlukan rutinitas yang lebih banyak pada nosel print head. Selain itu proses ini dipengaruhi oleh jumlah tinta yang digunakan atau penggunaan kartrid yang telah lama tidak digunakan.

Sebagian menjadi sisa/residu

Kartrid harus dapat menyimpan tinta tanpa bocor saat digunakan, tetapi tetap dapat digunakan bila diperlukan. Saat tinta habis, sebagian besar tinta telah menghilang dari kartrid (seperti halnya tidak mungkin menghabiskan pasta gigi dari tubenya). Selain itu, pada kartrid warna, tidak mungkin seluruh warna digunakan dengan level yang sama.

Menguap 

Penguapan juga berpengaruh pada jumlah tinta yang tersisa, serta komposisi kimianya. Variasi pada ketinggian juga dipengaruhi oleh perubahan suhu saat penyimpanan, transportasi maupun penggunaan. Kartrid HP dirancang agar tetap andal setelah lama disimpan di gudang, maupun setelah diinstal dalam printer.

Tinta warna juga dapat digunakan saat mencetak teks atau gambar hitam

Ada beberapa situasi ketika tinta warna digunakan - terutama untuk meningkatkan kualitas cetak, dan kadang-kadang untuk meningkatkan keandalan printer. Bahkan jika dokumen tampaknya hanya berupa teks dan grafis-hitam. Banyak printer HP memanfaatkan proses kimia untuk meningkatkan kualitas dan daya tahan kertas biasa dengan teks hitam dan grafis dengan menambahkan sejumlah kecil tinta warna hitam di daerah tertentu. Beberapa gambar gelap yang terlihat hitam kemungkinan mengandung kombinasi dari tinta hitam dan warna. Untuk gambar hitam putih dan foto, campuran warna yang disebut 'hitam komposit' dapat digunakan untuk mencapai kualitas gambar secara jauh lebih baik dan warna abu-abu lebih halus daripada yang dapat dicapai dengan tinta hitam saja. Beberapa printer inkjet menggunakan tinta hitam berpigmen yang tidak kompatibel dengan beberapa kertas foto inkjet. Dalam hal ini, daerah gelap atau hitam dihasilkan dari tinta warna.

Untuk pengguna yang ingin mencetak menggunakan tinta hitam saja (meskipun kualitas cetak draft), banyak pilihan yang disediakan oleh HP. Misalnya, pengaturan warna (dengan memilih 'Print in Grayscale' dengan kartrid hitam di menu 'Printing Preference') menentukan bahwa pencetakan hanya menggunakan tinta hitam. Selain itu, banyak printer IPH tetap dapat beroperasi dalam 'modus cadangan' yang memungkinkan pengguna dapat terus mencetak hanya dengan kartrid hitam saat kartrid warna telah habis atau tidak terpasang. 

Mode Cetak

Pengguna juga menentukan berapa banyak tinta yang digunakan saat mencetak foto atau sebuah documen. Dengan memilih mode cetak yang berbeda, jumlah tinta yang digunakan untuk mencetak dokumen juga berbeda. Secara umum, kualitas normal akan menggunakan tinta dalam jumlah lebih banyak daripada mode cetak draft.

Kesimpulan

Tinta digunakan dalam berbagai cara selama proses pencetakan, sejak persiapan printer hingga proses inti mencetak. HP merancang printer inkjetnya untuk memberikan keuntungan maksimal saat mencetak dengan tinta yang cukup untuk mempertahankan sistem pencetakan andal yang memberikan kualitas cetak selama umur printer.

Sumber: facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar