TUGAS OBSERVASI TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadir Allah SWT atas limpahan dan nikmatnya, saya dapat menulis makalah ini, sholawat serta salam semoga senantiasa tersanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW.


Makalah ini disusun juga untuk memenuhi tugas UTS di program kualifikasi PGMI Universitas Malang. Terima kasih disampaikan kepada Bapak Dr. H. Masykuri Bakri Msi. Selaku dosen yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi kelancaran tugas ini.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan oleh karena itu kritik dan saran kami harapkan. Dan kami berharap mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat.

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Pembelajaran tematik merupakan implementasi dari kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ). Dasar pertimbangan pelaksanaan pembelajaran tematik ini merujuk pada tiga landasan yaitu : landasan filosofi, psikologis, dan yuridis.
Ditinjau dari pengertiannya, pembelajaran adalah pengembangan pengetahuan, ketrampilan, atau sikap baru pada saat seseorang individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan. Sedangkan pengertian tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan DEPDIKNAS. (2007:226) sedangkan menurut kunandar (2007:311) tema merupakan alat atau wadah untuk mengedepankan berbagai konsep kepada anak didik secara utuh, memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik dan membuat pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Pembelajaran tematik dikemas dalam suatu tema
2. Keuntungan dalam pembelajaran tematik
3. Cirri khas dan karakteristik pembelajaran tematik
4. Kelebihan dan kelemahan pembelajaran tematik
5. Pendekatan tematik dengan berbagai tujuan

C. TUJUAN PENULISAN
Makalah ini kami susun bertujuan untuk memenuhi tugas kuliah yang di bombing oleh Bapak Dr. H. Masykuri Bakri Msi. Pada jurusan PGMI Program Kualifikasi Agama Islam Malang, dan selanjutnya bertujuan untuk dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pembaca makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN

1. Pembelajaran tematik dikemas dalam suatu tema  atau bias disebut dengan istilah tematik dan pendekatan tematik ini merupakan suatu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, kemahiran, dan nilai pembelajaran serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema dan peserta didik akan memahami konsep – konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep yang telah dipahami.
2. Keuntungan dalam pembelajaran tematik diantaranya peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu, peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkasan.
3. Cirri khas dan karakteristik pembelajaran tematik diantaranya yaitu pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa sekolah dasar, membantu  mengembangkan ketrampilan social siswa misalnya kerjasama, toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
4. Kelebihan dan kelemahan pembelajaran tematik menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik, memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik, dan hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
5. Pendekatan tematik bertujuan untuk membentuk pribadi yang harmonis dan sanggup bertindak dalam menghadapi berbagai situasi yang memerlukan ketrampilan pribadi dan menyesuaikan pembelajaran dengan perbedaan pserta didik, memperbaiki dan mengatasi kelemahan – kelemahan yang dapat pada metode mengajar hafalan.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Pembelajaran tematik di kemas dalam suatu tema yang di sebut dengan istilah tematik.
2. Keuntungan dalam pembelajaran tematik adalah pemusatan perhatian peserta didik pada suatu tema tertentu, dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama.
3. Ciri khas dan karakteristik pembelajaran tematik diantaranya membantu mengembangkan ketrampilan berpikir siswa.
4. Kelebihan dan kelemahan pembelajaran tematik di antaranya, menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik dan memberikan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar yang relevan.
5. Pendekatan tematik bertujuan untuk membentuk pribadi yang harmonis.

B. Saran
Kami mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini sehingga kami dapat lebih baik lagi dalam penulisan makalah yang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar