TUGAS OBSERVASI TENTANG SARANA PRASARANA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Sekolah merupakan instansi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan,
kesehatan, kesempayan bermain dan bersenang-senang. Sedangkanuntuk lembaga yang ingin maju harus menyediakan sarana prasarana seperti gedung representative, ruang kelas yang nyaman, laboratorium computer, ruang perpustakaan, kantin, penggunaan media belajar, bimbingan konseling. Sedangkan sekolah yang saya observasi yang lebih diutamakan adalah gedung, kantin, pengguna media dan perpustakaan. Sedangkan yang ditonjolkan adalah sarana prasarana perpustakaan. Dimana perpustakaan tersebut mendapat prestasi. Prestasi ini tentu saja disambut debgab luapan kegembiraan oleh warga madrasah dan guru-guru disana. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri karena menunjukkan pengakuan  terhadap perpustakaan madrasah.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa fungsi dari perpustakaan
2. Berbagai aktifitas yang membangkitkan minat baca
3. Untuk menarik minat siswa agar gemar membaca
4. Pentingnya perpustakaan diadakan di kalangan madrasah

C. TUJUAN PENULISAN
Makalah ini kami susun bertujuan untuk memenuhi tugas kuliah yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masyukuri Bakri Msi. pada jurusan PGMI program kualifikasi agama islam malang, dan selanjutnya untuk dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pembaca makalah ini.


BAB II
PEMBAHASAN

1. Apa fungsi dari perpustakaan
Fungsi perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, sebagai pusat penelitian sederhana. Dan juga sebagai pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan

2. Berbagai kreatifitas yang membangkitkan minat baca
Untuk membangkitkan minat baca, perpustakaan secara rutin menggelar lomba minat baca pada setiap tahun sehingga terjadi ledakan gairah membaca

3. Untuk menarik minat siswa agar gemar membaca setiap tahun diadakan lomba minat baca, lomba membuat synopsis diadakan pada momen – momen tertentu seperti pada bulan ramadhan dan berhadiah buku.

4. Pentingnya perpustakaan diadakan dimadrasah, sebab terbukti mampu memberikan pengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar mengajar di madrasah.


BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
1. Fungsi dari perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, sebagai pusat penelitian sederhana dan juga sebagai pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan.

2. Pentingnya perpustakaan diadakan di kalangan madrasah, sebab terbukti mampu memberikan pengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar mengajar di madrasah.

B. SARAN
Kami mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini sehingga kami dapat lebih baik lagi dalam penulisan makalah yang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar