beberapa cara mengkonsumsi ganja

Penelitian mengindikasikan bahwa cannabinoid memegang rahasia dalam membantu pengobatan berbagai penyakit kronis yang sedang kita hadapi saat ini. Dari mulai kanker hingga diabetes, dari autisme hingga Alzheimer, ganja medis dapat membantu, dan seringkali secara dramatis.
Bagian 1

Walaupun ganja medis tidak beracun, membakar dan menghisapnya dapat menjadi berbahaya dalam jangka waktu yang panjang karena senyawa beracun yang tercipta pada proses pembakarannya. Untungnya, ada pilihan dalam mengkonsumsi ganja, namun secara umum berbagai cara mengkonsumsi minyak atau ganja mentah dapat dikombinasikan tanpa efek samping yang berbahaya.
Terdapat juga vaporizer (penguap) yang memungkinkan untuk menghisap atau memberikan lewat kulit kepada paru-paru tanpa membakar ganjanya. Ini adalah asap yang bersih dan dingin dari sebuah obat yang sangat luar biasa.
Membakar dan menghisap ganja memiliki nilai medis yang terbatas bila digunakan dengan eksklusif, terutama ketika ia dihisap melalui pembakaran. Menghisap ganja dapat mengurangi kadar gula dalam darah; dapat pula membantu mengurangi tekanan cairan pada bola mata untuk orang-orang dengan glaukoma. Kebanyakan orang mengetahui kemampuan ganja dalam mengurangi mual-mual, dan merokok ganja seringkali mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan berbagai kondisi medis.
Merokok ¨rumput¨ (ganja) benar-benar dapat membuat seseorang menjadi santai, yang sudah merupakan efek sangat bermanfaat secara tersendiri. Merokok ganja dapat mengurangi gejala dari berbagai kondisi namun secara umum tidak bekerja dalam tingkat penyembuhan seperti yang dicapai dengan cara dimakan.
Rick Simpson, ahli ganja medis yang paling berani dari semuanya, mengatakan,
¨Merokok adalah metode paling tidak efektif dalam menggunakan ganja sebagai pengobatan. Kekuatan pengobatan ganja dapat diperbesar hingga berkali-kali lipat bila konsentrasi minyak esensial dari tanaman ganja dihasilkan. Bila anda ingin melihat keajaiban medis yang sebenarnya dari tanaman ganja, mulailah memakan minyak ganja yang berkualitas tinggi. Ketika seseorang mulai menngkonsumsi THC dan berbagai senyawa cannabinoid yang menyertainya, dalam keadaan tidak terbakar dan mentah, keajaiban medis seringkali muncul. Ketika seseorang merokok ganja, lebih dari 90% aspek medis dari material tanaman ini menghilang bersama asap. Adalah ironis melihat orang-orang yang telah mengikuti kemoterapi merokok ganja untuk mengurangi rasa mual yang mereka rasakan. Mereka justru membakar lalu menghisap zat sangat penting, yang bila dilakukan dengan benar, dapat menyembuhkan mereka.¨
Ganja (cannabis) atau Mariyuana, telah dimanfaatkan sebagai bahan bagi makanan dan minuman selama ribuan tahun.
Resep-resep sering dicatat dalam rima, membantu dalam proses mengingat. Salah satu resep tersebut adalah Bhang, (minuman berbahan utama susu), yang berasal dari 800 tahun sebelum masehi ketika ia pertama kali dibuat di India. Bangsa Cina menggunakan ganja sebagai makanan pokok – baik bagi manusia maupun hewan ternak – yang berlangsung sejak abad ke-7 sebelum masehi. Dikumpulkan karena nilai nutrisi mereka yang luar biasa, biji ganja menyediakan sumber protein dan nutrisi yang luar biasa.
Konsumsi Oral Ganja
Ketika kita memakan ganja, ia diserap melalui usus halus lalu berjalan melewati liver , yang memproses THC menjadi produk lain bernama 11-hydroxy-THC, yang lalu berjalan melalui aliran darah dan sampai di otak kita.
11-Hydroxy-THC diyakini empat sampai lima kali lebih kuat daripada THC biasa. Ini adalah salah satu alasan mengapa ganja yang dimakan diketahui lebih kuat dibandingkan dengan ganja yang dihisap. Ganja yang dimakan juga disebut merupakan sedatif yang kuat dan banyak pasien menggunakan mereka untuk mengobati insomnia (susah tidur).
Ganja yang dimakan biasanya memerlukan waktu dari 40 menit hingga satu jam untuk mulai bekerja dan efek puncaknya muncul dalam waktu 2 jam. Efek yang muncul dapat berlangsung antara enam hingga delapan jam, yang dianggap nyaman bagi pasien-pasien yang ingin tidur dan ingin memiliki kontrol lebih lama terhadap rasa sakit.
Kunci dari penggunaan oral ganja yang tepat adalah mengetahui berapa banyak yang harus dimakan sehingga mendapatkan efek medisnya tanpa mengkonsumsi terlalu banyak.
Aturan umumnya adalah, jika anda membeli produk olahan ganja berupa makanan dari dispensari (apotik) penjual ganja yang terdaftar, potong produk tersebut menjadi empat bagian dan makan satu potong sebagai permulaan. Tunggu setidaknya satu jam. Jika anda merasa lebih berani mulailah dengan setengah! Jika anda sudah merasakan efek pengobatannya, jangan makan lebih banyak lagi. Namun jika anda tidak merasakan efek pengobatannya, anda bisa memakan satu potong lagi.
Terdapat banyak pasien yang dengan tanpa pengetahuan telah memakan dan merasakan efek ¨terlalu tinggi,¨ mual-mual, muntah, dan menjadi gemetaran, karena itu lebih baik memulai dengan perlahan di awal.
Jika anda tidak merasakan apa-apa dengan satu dosis penuh, maka cobalah satu setengah atau dua dosis.

Ganja Transdermal
Ganja adalah lipofilik, yang berarti bahwa ia dapat larut ke dalam zat yang bersifat lemak dan dengan mudah dapat memasuki membran sel. Dalam kata lain, ia dapat efektig jika dioleskan langsung kepada kulit.
Ganja dapat digunakan secara transdermal untuk mengurangi sakit dari berbagai macam kondisi. Ganja medis dapat berupa salep, lotion, minyak atau larutan alkohol. Pada masa yang lampau ketika orang hanya memiliki bentuk tanaman untuk digunakan sebagai pengobatan, banyak pasien akan merendam daun ganja dalam alkohol dan memberikan mereka sebagai lulur bagi rematik atau sendi yang memar.
Banyak zat dengan mudah dapat menembus melewati kulit dan ini adalah mengapa pengobatan transdermal telah menjadi lebih populer dalam pengobatan kontemporer (terkini). Mengenai efek anti-inflamasi dari ganja, orang-orang telah merasakan khasiat ini ketika mereka mengoleskan ganja pada kulit. Pasien dengan rematik, sakit otot dan persendian dapat memberikan cerita mengenai berkurangnya rasa sakit dan nyeri yang dapat mereka rasakan secara teratur.
Olahan ganja topikal (untuk dioleskan) biasanya memberikan hanya penyembuhan lokal dari rasa sakit dan tidak memiliki efek pada otak, yang berarti tidak ada efek ´tinggi´. Ini membantu pada saat pemakaian ganja dengan efek ´tinggi´ adalah kurang tepat (seperti saat anda mengemudikan kendaraan) dan anda masih membutuhkan sebuah penghilang rasa sakit!
Olahan ganja topikal dapat dibeli atau dibuat di rumah.
Pengobatan transdermal ideal untuk manajemen rasa sakit juga dalam olahraga dan pengobatan anak-anak (Pediatri). Faktanya, pengobatan ini adalah salah satu cara terbaik dalam memberikan obat dengan cepat dan efektif. Metode pemberian transdermal digunakan dengan luas karena mereka memungkinkan penyerapan obat secara langsung melalui kulit. Jel, krim emulsi, semprotan dan lip balm mudah untukdigunakan dan efektif dalam memasukkan obat ke dalam aliran darah dengan cepat.
Metode tradisional dalam memberikan obat seperti tablet atau kapsul yang diminum cenderung larut dalam air dan menjadi tidak efektif karena asam lambung dan enzim-enzim pencernaan sebelum mereka akhirnya berada dalam aliran darah.
Dalam banyak kasus, metode transdermal digunakan untuk menghindari efek samping seperti sakit perut atau mual-mual. Potensi penuh dari pengobatan trandermal belum diteliti oleh pengobatan mdoern walaupun ia telah dipraktekkan selama ribuan tahun pada musim semi yang panas di seluruh dunia.
Tentunya penggunaan minyak magnesium untuk efek yang sama ini juga dianjurkan dan menggunakan magnesium topikal dan ganja secara bersamaan dalam kombinasi adalah sangat efektif untuk rasa sakit yang keras kepala. Salah satu poin utama bagi semua orang untuk dimengerti adalah ketika kita terdorong kembali untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana, memiliki akses terhadap pengobatan yang serbaguna dan tanpa biaya adalah penting.
Jika pemerintah bersedia berhenti mengekang semua orang, ganja akan menjadi legal dan hampir tanpa biaya karena ia begitu mudah tumbuh.
Adalah sangat menyedihkan bahwa defisiensi dari nutrisi yang sangat murah dan tidak beracun seperti magnesium mengakibatkan penyakit-penyakit yang menyebabkan penderitaan tak terhingga dan pengeluaran yang besar di seluruh dunia.
Dr. Steven Johnson
Intinya, bila berbicara mengenai pengobatan rasa sakit yang bekerja pada sumber rasa sakit dan penyakitnya, tidak ada yang dapat bekerja sebaik magnesium klorida dan obat cannabinoid.
Keduanya adalah Batman dan Robin, tim pahlawan medis super bagi dunia rasa sakit, penderitaan emosional yang berat, dan perawatan umum dari penyakit. Campurkan sodium bikarbonat (baking soda) dan iodin dan anda sudah mendapatkan tim medis yang lengkap di ujung jari anda.

Salep Ganja dan Minyak menawarkan Solusi yang Ampuh
Seorang ahli patologis rumah sakit melukai jarinya sendiri saat otopsi; bakteri yang resisten terhadap antibiotik menginfeksi lukanya dan tampak bahwa sebuah amputasi tidak dapat lagi dihindari.
Lalu seseorang mempunyai ide untuk bertanya kepada Profesor Jan Kabelijk, yang terkenal dengan penelitiannya mengenai penggunaan ganja untuk pengobatan. Ia memberikan salep ganja dan dua hari kemudian luka tersebut sudah mulai sembuh dan amputasi dapat dihindari.
Penggunaan Topikal
Radang sendi, Rasa Sakit, Kulit kering dan bersisik, Eczema, Rematik, Sakit Kepala atau Migrain, Pembengkakan, Gigitan Serangga, Terbakar matahari, Luka bakar, Leher kaku, Nyeri otot, Tendonitis
Sebuah perusahaan di Seattle dilaporkan tengah mengembangkan koyo dari ganja medis untuk binatang, mereka menyebutnya ¨pertanyaan mengenai kualitas kehidupan.¨
Jim Alekson´s dari Medical Marijuana delivery Systems, LLC telah mematenkan koyo tersebut, dinamainya dengan Tetracan, dan menyebutkan bahwa koyo ini dapat digunakan pada anjing, kucing dan bahkan kuda. Koyo ini juga akan tersedia untuk manusia.
Menurut alekson, ¨Anjing mengalami penderitaan yang sama dengan manusia,¨ dan hewan peliharaan dapat merasakan sakit yang luar biasa – semua dari mulai rematik hingga kanker. Ia mengatakan bahwa penghilang rasa sakit farmasi telah terbukti berbahaya, terkadang fatal bagi hewan.
Di Kalifornia seorang yang telah dewasa dapat menanam, membeli dan menghisap ganja, semuanya dilakukan dengan aman dalam perlindungan hukum negara bagian.
Dr. William Courtney memberitahu pasiennya,
¨Jangan menghisap benda itu. Tapi makanlah!¨
Memakannya mentah-mentah, tidak akan membuat anda tinggi, dijus dengan segenggam penuh wortel untuk menghilangkan rasanya yang pahit, daun dan bunganya dapat merupakan sumbangan penting dalam mengibati orang-orang dengan baik.
Jus wortel Courtney dapat menghilangkan rasa pahit dari kandungan-kandungan yang sebagian besar tidak terdapat pada varietas psikotropik dari ganja.
(Karl Vick untuk Washington Post)
Kristen Peskuzski merangkum kembalinya dia kepada keadaan hampir sehat sepenuhnya – termasuk dari penyakit lupus yang melumpuhkan, interstitial cytitis , rheumatoid arthritis (rematik dan radang sendi) dan 40 obat setiap hari – setelah mengkonsumsi jus segar daun ganja selama periode 30 bulan.
Dr. Courtney memakai pendekatan dengan mempromosikan ganja sebagai sayuran yang baik-untuk-anda seperti halnya bayam.
Bunga yang mentah memiliki konsentrasi tinggi dari cannabinoids dan merupakan konsumsi yang luar biasa. Ketika dikonsumsi, ganja mentah secara umum tidak membuat seseorang menjadi ´tinggi´. Senyawa psikoaktif utama dalam ganja yang disimpan dan dikeringkan adalah delta-9-THC, yang tidak ditemukan pada daun yang segar dan mentah. Bagaimanapun, senyawa yang lain, seperti terpenes, mungkin memiliki efek pada mood atau tingkat energi seseorang.
Daun yang mentah terutama mengandung asam THC (bukan THC) kecuali anda menggunakan varietas yang memiliki kandungan CBD yang jauh lebih tinggi. Dalam kasus tersebut, anda akan mendapatkan beberapa CBD dari daunnya. Daun-daun tersebut dipetik dari tanaman yang sudah berumur tiga bulan.
Bunga ganja sebaiknya dipetik dalam keadaan trikoma yang sepenuhnya muncul namun belum kental (berkabut).
Beberapa manfaat dari ganja mentah adalah termasuk sebagai berikut:
Modulasi kekebalan tubuh ---------------------------------> anti-diabetes
Anti-inflamasi --------------------------------------------------> Pelindung sel-sel syaraf (Neuroprotektif)
Antioksidan -----------------------------------------------------> Antispasmodik (anti-kejang)
Anti-Tumor//anti-kanker -------------------------------------> Anti-anxiety (anti-cemas)
Stimulasi Tulang ----------------------------------------------> Anti-bakteri
Penghilang rasa sakit
Apakah kandungan zat ¨aktif¨ pada ganja mentah jika tidak ada delta-9-THC?
Terpenes ----------------------> Cannabigerol (CBG)
Flavonoids --------------------> Cannabidivarin (CBDV)
Phytocannabinoids --------> Cannabichromene (CBC)
Cannabinol (CBN) ----------> CBD Acid
Cannabidiol (CBD) ---------> THC Acid Cannabigerol (CBG)
Ada lebih dari 525 molekul yang bisa ditemukan dalam ganja mentah, beberapa dengan efek sinergis.
Menurut Dr. Courtney, dibutuhkan waktu 4-8 minggu sebelum manfaat klinis yang penuh dapat dirasakan. Membutuhkan waktu yang lama untuk sepenuhnya melarutkan jaringan lemak dengan fito-cannabinoid.
Fito-cannabinoid adalah molekul lemak yang disimpan dalam adiposa atau jaringan lemak yang mirip dengan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E dan K.
Tampak bahwa blender sereal adalah metode terbaik untuk memecah sel-sel tanaman ganja. Campur dengan sejumlah kecil buah-buahan organik atau jus sayur-sayuran – secukupnya untuk menghilangkan rasa pahit dari ganja yang mentah. Pilih jus dengan kandungan gula rendah untuk meminimalkan konsumsi anda akan gula sederhana.
Simpan daun dalam kantong hijau di kulkas; jangan dicuci hingga sesaat sebelum digunakan. Dr. Courtney menyarankan untuk merendam daun-daunnya dalam air hingga lima menit sebelum dijus.
Penggunaan ganja organik yang tidak mengandung pestisida apapun dalam titik manapun pada siklus kehidupannya. Dr. Courtney menganjurkan untuk menggunakan sepuluh lembar daun besar dalam jus, salsa, pesto, salad dan lain-lain. Jika anda memiliki akses kepada bunga ganja segar, ia menyarankan satu bunga setiap harinya.
Cannabinoid dan THC dibersihkan dengan cepat dari dalam darah, sehingga konsumsi sering sejumlah kecil jus ini adalah ideal. Bagi jus ini menjadi lima bagian untuk lima bagian dosis terpisah untuk setiap harinya.

2 komentar: