CONTOH PENGAJUAN BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF

PROPOSAL

PENGAJUAN BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF

PROGRAM REHABILITASI SOSIAL EKS WANITA TUNA SUSILA

DI KABUPATEN MALANG

KEMENTERIAN SOSIAL TAHUN 2013




Jenis Usaha:
JUALAN GAS ELPIJI




Diajukan oleh:
____________________








DUSUN KLAKAH  RT: 09,RW: 01, DESA PATOKPICIS KECAMATAN WAJAK , KABUPATEN MALANG

PROPOSAL PENGGAJUAN BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF
Program Rehabilitasi Sosial Eks Wanita Tuna Susila melalui Bantuan Modal Usaha Ekoonomi Produktif Kementrian Sosial tahun 2013 di wilayah Kabupaten Malang sudah menyalurkan bantuan melalui LKS Yayasan Paramitra Jawa Timur kepada 66 eks Wanita Tuna Susila yang berdomisili di wilayah Kabupaten Malang.
Jumlah bantuan yang disalurkan adalah Rp 5. 000.000 (Lima Juta Rupiah) per orangnya. Penggunaan dana bantuan sesuai dengan proposal yang diajukan masing-masing peserta.

PROPOSAL PENGAJUAN PENGGUNAAN BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF

I.                        Latar Belakang
Nama saya Wati’ah, saya ditinggal suami yang meninggal 4 tahun yang lalu dan  mempunyai 1 orang anak, saya tinggal di Dusun Klakah RT:09/ RW:01, Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak Kabupaten malang.
Latar belakang saya menjadi pekerja seks karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat terpuruk, dan tidak ada penghasilan yang bisa saya gunakan untuk keprluan sehari-hari, saat  itu anak saya masih belum bisa membantu saya untuk memperoleh penghasilan.  Pada saat  itulah , kondisi terburuk yang saya alami, akhirnya saya memutuskan menjadi pekerja seks.
Seiring dengan berjalannya waktu, anak saya sudah bisa membantu saya, dan mengajak saya untuk mendirikan usaha jualan gas elpiji.
Saya merasa beruntung dipertemukan dengan tim LKS Yayasan Paramitra Jawa Timur yang menawarkan untuk mengikuti program bantuan usaha Kementrian Sosial RI untuk para pekerja seks. saya ingin mengembangkan usaha saya agar dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan tidak kembali menjadi pekerja seks.

II.                Tujuan
Membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga dengan cara halal.

III.             Jenis Usaha, Lokasi, Pengelolaan
1.     Jenis Usaha    : Jualan gas elpiji

Lokasi                      : Dusun Klakah RT:09/ RW:01, Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak Kabupaten malang.


IV.              Modal yang dibutuhkan
Modal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.  5.000.000,-  (Lima Juta Rupiah)
dengan rincian sebagai berikut :
No
Uraian
Kebutuhan
Q
Unit
@
Rp.
Jumlah
(Rp)
Keterangan
Barang Dagangan
Perlengkapan Pendukung





1
Kompor Rinnai
1
Buah

275.000

2
Regulator Quantum
1
Unit

70.000

3
Tabung gas
35
Buah
140.000
4.900.000














































































































































Total
 5.245.000



V.                 Penutup
Demikian permohonan proposal pengajuan bantuan usaha mandiri ini saya  buat. Besar harapan kami proposal ini dapat diterima sesuai dengan modal anggaran yang diajukan. Terimakasih.


                                                      Kabupaten Malang25 Nopember 2013

                                                      Hormat  Saya



                                                      (  __________________ )




LAPORAN

PENGGUNAAN DANA BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF

PROGRAM REHABILITASI SOSIAL EKS WANITA TUNA SUSILA

DI KABUPATEN MALANG

KEMENTERIAN SOSIAL TAHUN 2013




Jenis Usaha:
JUALAN GAS ELPIJI




Diajukan oleh:
________________








DUSUN KLAKAH  RT: 09,RW: 01, DESA PATOKPICIS KECAMATAN WAJAK , KABUPATEN MALANG

LAPORAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN MODAL USAHA EKONOMI PRODUKTIF

I.                    Latar Belakang
Nama saya Wati’ah, saya ditinggal suami yang meninggal 4 tahun yang lalu dan  mempunyai 1 orang anak, saya tinggal di Dusun Klakah RT:09/ RW:01, Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak Kabupaten malang.
Latar belakang saya menjadi pekerja seks karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat terpuruk, dan tidak ada penghasilan yang bisa saya gunakan untuk keprluan sehari-hari, saat  itu anak saya masih belum bisa membantu saya untuk memperoleh penghasilan.  Pada saat  itulah , kondisi terburuk yang saya alami, akhirnya saya memutuskan menjadi pekerja seks.
Seiring dengan berjalannya waktu, anak saya sudah bisa membantu saya, dan mengajak saya untuk mendirikan usaha jualan gas elpiji.
Saya merasa beruntung dipertemukan dengan tim LKS Yayasan Paramitra Jawa Timur yang menawarkan untuk mengikuti program bantuan usaha Kementrian Sosial RI untuk para pekerja seks. saya ingin mengembangkan usaha saya agar dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan tidak kembali menjadi pekerja seks.

VI.              Tujuan
Membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga dengan cara halal.

VII.           Jenis Usaha, Lokasi, Pengelolaan
2.     Jenis Usaha    : Jualan gas elpiji
Lokasi             : Dusun Klakah RT:09/ RW:01, Desa Patokpicis,
   Kecamatan Wajak Kabupaten malang.
VIII.        Modal yang dibutuhkan
Modal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.  5.000.000,-  (Lima Juta Rupiah)
dengan rincian sebagai berikut :
No
Uraian
Kebutuhan
Q
Unit
@
Rp.
Jumlah
(Rp)
Keterangan
Barang Dagangan
Perlengkapan Pendukung





1
Kompor Rinnai
1
Buah

270.000

2
Regulator Quantum
1
Unit

76.500

3
Tabung gas
25
Buah
127.000
3.175.000

4
Tabung Gas
10
Buah
127.000
1.270.000

5
Semen
4
Sak
53.000
212.000


Total
 5.003.000

VI.        Pencairan dan Penggunaan Dana Bantuan Modal
Pecairan dana bantuan Modal Usaha Ekoonomi Produktif sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) telah ditransfer ke Rekening BPR ARTHA WIWAHA ARJUNA Nomor REG: 0074058 Wajak Malang  atas nama saya sendiri, Wati’ah, oleh  LKS Yayasan Paramitra Jawa Timur  (bukti terlampir).

Dana bantuan modal usaha yang saya terima sudah saya gunakan untuk keperluan usaha jualan gaselpiji. Penarikan dan penggunaan dana bantuan saya lakukan berdasarkan perencanaan yang disusun bersama pendamping program. Sampai dengan laporan ini disusun dan disampaikan, saya telah melakukan penarikan dan pembelanjaan sebanyak 2 kali yaitu;
·      Saya melakukan penarikan pertama sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah)
·      saya melakukan penarikan kedua sebesar Rp. 1.995.000 (satu juta Sembilan ratus Sembilan puluh lima ribu rupiah)

·      Keseluruhan jumlah dana modal bantuan usaha yang sudah saya tarik dari rekening bank adalah sebesar Rp. 4.995.000,- (empat juta Sembilan ratus Sembilan puluh lima ribu rupiah)

VII.       Penutup
Demikian laporan penggunaan dana bantuan usaha mandiri ini saya  buat. Semoga dengan adanya usaha ini dapat bermanfaat bagi keluarga saya.  Terima kasih.

Kabupaten Malang24 desember 2013

                                                                      Hormat  Saya



                                                                    (  ________________ )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar