SILABUS SISTEM KARDIOVASKULER
(KRD202)
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
STIKes MAHARANI MALANG
SILABUS SISTEM KARDIOVASKULER
I. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : SISTEM KARDIOVASKULER
Kode Mata Kuliah : KRD202
Beban / Jumlah SKS : 4 sks (3T;1P)
Penempatan : Semester IV
Hari :
Jumlah Minggu Pertemuan : 14 Minggu
Nama Tim Dosen :
1. Ns. Sih Ageng Lumadi., M.Kep (PJMK) ( SA )
2. Ns. Eko Suratman S.Kep ( ES)
3. Ns. Dyah Ayu Ambarwati (DA)
II. Deskripsi Mata Kuliah
Keperawatan Kardiovaskuler merupakan bagian dari kelompok ilmu keperawatan klinik yang memberikan landasan pemahaman tentang perkembangan dan fungsi normal sistem kardiovaskuler serta berbagai bentuk masalah keperawatan dan berbagai cara pengelolaannya, dalam bentuk metode intervensi atau tindakan keperawatan pada asuhan keperawatan dalam upaya preventif, promotif, kuratif ataupun rehabilitatif. Fokus mata kuliah ini adalah pada asuhan keperawatan klien segala usia mulai konsepsi – lanjut usia yang mengalami dan/atau cenderung mengalami perubahan fisiologis serta dengan atau gangguan struktur pada sistem kardiovaskuler yang terjadi secara akut maupun kronis.
III. Standar kompetensi
Setelah menyelesaikan mata kuliah sistem kardiovaskuler ini mahasiswa akan dapat berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan masalah pada sistem kardiovaskuler.
IV. Kompetensi dasar
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran pada mata kuliah sistem kardiovaskuler mahasiswa akan mampu :
1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem kardiovaskuler pada kelompok dan masyarakat dengan berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
2. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan pada kasus dengan gangguan sistem kardiovaskuler dengan berbagai tingkat usia.
3. Menggunakan hasil-hasil penelitian dalam mengatasi masalah kardiovaskuler.
4. Mengindentifikasi masalah legal dan etis serta membuat keputusan etik pada pasien dengan masalah pada sistem kardiovaskuler
5. Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan sistem kardiovaskuler pada berbagai tingkat usia.
6. Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan pada kasus dengan gangguan sistem kardiovaskuler pada berbagai tingkat usia sesuai standar yang berlaku dengan berpikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien.
V. Bahan Kajian
1) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Hipertensi dan kelainan Vaskuler
2) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Penyakit Jantung Koroner
3) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Penyakit Jantung Degeneratif
4) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Kelainan Jantung Bawaan (VSD,ASD,PDA, AVSD, Tetralogi Fallot)
5) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Disritmia
6) Membuat asuhan keperawatan pada klien Gagal Jantung dan toksisitas Digitalis
7) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan infeksi jantung (perikarditis, endokarditis, miokarditis)
8) Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan tamponade jantung
9) Membuat asuhan keperawatan pada klien yang menjalani bedah jantung
10) Melakukan EKG dan menginterpretasi hasilnya
11) Telaah jurnal internasional, Seminar
VI. Buku ajar yang dianjurkan :
Ignatavicius. (1991). Medical Surgical Nursing. W.B Saunders
Muttaqin,A. (2009) Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskular dan Hematologi. Jakarta: Salemba Medika
Sobotta. (2001). Atlas Anatomy. Jakarta: EGC
Guyton. (1997). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Ed.9. Jakarta: EGC
Price & Wilson. (2006). Patofisiologi. Vol 1 dan 2. Ed.6. Jakarta: EGC
Bates. Barbara. (2005). Physical Assessment. Jakarta: EGC
Harper. (1999). Biokimia. Jakarta: EGC
Stansfield, William. (2006). Biologi Molekuler dan Sel. Jakarta: Erlangga
Yuwono, T.W. (2007). Biologi Molekuler. Jakarta: Erlangga
Susan Elrod. (2007). Genetika. Ed.4. Jakarta: Erlangga
Katzung. (2004). Farmakologi: Dasar dan Klinik 1-3. Ed. 40. Jakarta: Salemba Medika
Michael. J. Neal. (2006). At A Glance: Farmakologi Medis. Jakarta: Erlangga
Ngastiyah. (2006). Perawatan Anak Sakit. Jakarta: EGC
Brunner-Suddarth. (2004). Keperawatan Medikal Bedah. Ed.5. Jakarta: EGC
Reeves, et al (2001). Perawatan Medikal Bedah. Jakarta: Salemba Medika
Luckman-Sorensen. (1991). Medical Surgical Nursing
Lewis. (1991). Medical Surgical Nursing. W.B Saunders
Doengoes, et al (2000). Rencana Asuhan keperawatan. Ed.3. Jakarta: EGC
Carpenito. L.J. (2005). Diagnosa Keperawatan: Pendekatan Proses dan Praktis. Jakarta: EGC
Hudak. C.M et. al. (1997). Keperawatan Kritis Pendekatan Holistik. Jakarta: EGC
White, S and Baldwin, T.J. 2004. Legal and Ethical Aspects of Anaesthesia, Critical Care and Perioperative Medicine. Cambridge University Press. www.cambridge.org/9781841102092
Woodrow, P. 2004. Intensive Care Nursing. A framework for practice. The Taylor & Francis e-Library
VII. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Penugasan Mandiri (individu dan Kelompok)
3. Small Group Discussion, Case study
4. Telaah Jurnal
5. Seminar Kecil dan Seminar Besar
6. Demonstrasi dan redemonstrasi
VIII. Evaluasi
1. UT 1, UT 2, UT 3 dan UT 4 : 40 % (@10%)
2. Tugas : 15 %
3. Keaktifan dalam diskusi/seminar : 20 %
4. Praktikum : 25 %
Ketentuan Umum
1. Metode belajar yang diharapkan adalah metode pembelajaran aktif
2. Kehadiran kurang dari 80% untuk teori dan 100% untuk praktikum TIDAK DIPERKENANKAN untuk mengikuti ujian. Ketidakhadiran wajib memberi keterangan tertulis yang dapat dipertanggung jawabkan.
3. Seminar adalah tugas kelompok , sebelum melaksanakan seminar mahasiswa diharapkan untuk konsultasi isi materi dengan fasilitator terkait (khusus seminar besar).
4. Makalah seminar diketik computer dan dikumpulkan minimal sehari sebelum seminar dilaksanakan , kerjasama antar anggota kelompok diperhatikan.
5. Tugas mandiri bersifat individual , ditulis tangan atau diketik pada kertas HVS ukuran A4.
6. Setiap praktikum mahasiswa diharapkan membawa dan membaca manual prosedur yang akan dilakukan.
7. Studi kasus bersifat tugas kelompok, pengambilan keputusan dalam kelompok sangat menentukan .
8. Mahasiswa wajib mengisi Logbook Praktikum yang dimiliki tiap mahasiswa. Lobook wajib diisi setiap kali praktikum, baik di perkuliahan maupun mandiri, dengan ditanda tangani dosen pengajar yang bersangkutan.
9. Ujian prosedur/ praktikum dilakukan diakhir perkuliahan dengan alokasi waktu khusus. Mekanisme ujian praktikum diberitahukan selanjutnya.
PANDUAN TUGAS
A. Tugas Kelompok Besar (Seminar telaah jurnal Tren dan Isu Sistem Kardiovaskuler)
1. Mahasiswa dibagi dalam 2 kelompok besar
2. Topik diskusi terkait dengan jurnal Tren dan Isu Sistem Kardiovaskuler yang terbaru.
3. Jurnal bisa dari hasil pencarian kelompok atau diberikan oleh PJMK KRD202 yaitu Ns. Sih Ageng Lumadi., M.Kep.
4. Setiap kelompok menyusun makalah, dengan ketentuan sebagai berikut berikut:
a) Ketik dengan Huruf Times New Roman ukuran font 12, spasi 1,5
b) Menggunakan kertas A4 70/80 gram, margin 4-3-3-3,
c) Terdiri dari:
• Sampul
• Lembar Pengesahan
• Daftar Isi
• Kata Pengantar
• Bab 1: Pendahuluan
• Bab 2: Resume Isi jurnal
• Bab 3: Pembahasan Kelompok/ telaah jurnal
• Bab 4: Penutup
• Daftar Pustaka
B. Tugas Kelompok Kecil
1. Mahasiswa dibagi dalam 5 kelompok
2. Topik diskusi terdiri dari :
a) VSD (Defek septum ventrikuler)
b) ASD (Defek septum atrium)
c) ToF (Tetralogi of Fallot)
d) PDA (Patent Ductus Artery)
e) AVSD (Atrioventrikuler septal defek)
3. Setiap kelompok menyusun makalah, dengan ketentuan sebagai berikut berikut:
a) Ketik dengan Huruf Times New Roman ukuran font 12
b) Menggunakan kertas A4 70/80 gram, margin 4-3-3-3
c) Terdiri dari 3 Bab:
• Sampul
• Daftar Isi
• Bab 1: Pendahuluan
• Bab 2: Tinjauan Teori, patofisiologi, contoh kasus
• Bab 3: Pembahasan kelompok, berupa penatalaksanaan sesuai kasus
• Daftar Pustaka
C. Tugas Individu
1. Tugas bisa ditulis tangan dengan rapi atau diketik
2. Tugas berupa resume ataupun tugas2 lain yang diberikan dosen setelah perkuliahan
1. Jadwal Perkuliahan (2 x 50 Menit (teori) dan 2 x 60 Menit (Praktikum))
No Pertemuan
Ke Hari/ Tgl Waktu
(menit) Tujuan Pembelajaran/TPK Pokok Materi Metode Media/Sumber belajar Pengajar
1.
Minggu 1 Senin,
10-3-2014
Selasa,
11-3-2014 3x50 menit
1. Memahami tentang silabus Mata Kuliah, rencana perkuliahan dan Kontrak perkuliahan Sistem Kardiovaskuler Penjelasan silabus Mata Kuliah, rencana perkuliahan dan Kontrak perkuliahan Sistem Kardiovaskuler, diskusi kelompok dan mencari materi PJB
Searching jurnal/ tren dan isu (kelompok besar) Diskusi
LCD
Text book. Hand Out SA
2. Kamis,
13-3-2014
Jum’at
14-3-2014 3x50 menit 2. Memahami tentang anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler • Review anatomi dan fisiologi kardiovaskuler
• Pengkajian dan Fisik sistem Kardiovaskuler CTJ,
SGD,
LCD
Text book. Hand Out ES
3. Minggu 2 Senin,
17-3-2014
Selasa,
18-3-2014 3x50 menit 3. Memahami tentang anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler • Pengkajian Fisik sistem Kardiovaskuler CTJ,
SGD,
LCD
Text book. Hand Out ES
4. Kamis,
20-3-2014
Jum’at
21-3-2014 2x50 menit
4. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sirkulasi (hipertensi ) • Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sirkulasi (hipertensi) PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD
Text book. Hand Out DA
5. Minggu 3 Senin,
24-3-2014
Selasa,
25-3-2014 3x50 menit 5. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan kelainan jantung bawaan Asuhan keperawatan pada klien dengan kelainan jantung bawaan:
VSD (Devek septum ventrikuler)
ASD (Defek septum atrium)
ToF (Tetralogi of Fallot)
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi SGD, Presentasi LCD, Text Book DA
6. Kamis,
27-3-2014
Jum’at
28-3-2014 2x50 menit
6. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan kelainan jantung bawaan Asuhan keperawatan pada klien dengan kelainan jantung bawaan:
PDA (Patent Ductus Artery)
AVSD (Atrioventrikuler septal defek)
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi SGD, Presentasi LCD, Text Book DA
7. Minggu 4 Senin,
31-3-2014
Selasa,
1-4-2014 3x50 menit
7. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan penyakit degeneratif kardiovaskular Asuhan keperawatan pada klien dengan penyakit degeneratif kardiovaskular, meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD, Text Book DA
8. Kamis,
3-4-2014
Jum’at
4-4-2014 3x50 menit
8. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Disritmia dan toksisitas digitalis Asuhan keperawatan pada klien dengan Disritmia, meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi
Asuhan keperawatan pada klien dengan toksisitas digitalis, meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD, Text Book ES
9. Minggu 5 Senin,
7-4-2014
Selasa,
8-4-2014 3x50 menit
9. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan Penyakit jantung koroner Asuhan keperawatan pada klien dengan PJK (Infark Miokardium) meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi Case Study, Diskusi LCD
Text book. Hand Out SA
10. Kamis,
10-4-2014
Jum’at
11-4-2014 2x50 menit
10. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sirkulasi (Syok kardiogenik ) • Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sirkulasi (Syok kardiogenik) PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD
Text book. Hand Out SA
11. Minggu 6 Senin,
14-4-2014
Selasa,
15-4-2014 3x50 menit
11. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan gagal jantung Asuhan keperawatan pada klien dengan gagal jantung, meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD, Text Book ES
12. Kamis,
17-4-2014
Jum’at
18-4-2014 3x50 menit
12. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan tamponade jantung Asuhan keperawatan pada klien dengan bedah jantung dan tamponade jantung, meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD, Text Book ES
13. Minggu 7 Senin,
21-4-2014
Selasa,
22-4-2014 3x50 menit
13. Membuat asuhan keperawatan pada klien dengan infeksi jantung Asuhan keperawatan pada klien dengan infeksi jantung (Perikarditis, Endokarditis, Miokarditis) , meliputi:
• Pengkajian
• Diagnosa keperawatan
• Intervensi dan rasional serta implementasi
• Evaluasi PBL
Modul
Diskusi dan presentasi LCD, Text Book ES
14. Kamis,
24-4-2014
Jum’at
25-4-2014 3x50 menit
14. Mampu mengevaluasi dan menganalisis jurnal keperawatan yang terkait dengan sistem kardiovaskuler Telaah jurnal terkait sistem Kardiovaskuler Seminar
Presentasi LCD, Textbook,
Jurnal internasional SA
UTS (28 April-3 Mei 2014)
15. Minggu 8 Senin,
5-5-2014
Selasa,
6-5-2014 3x50 menit
15. Mampu mengevaluasi dan menganalisis jurnal keperawatan yang terkait dengan sistem kardiovaskuler Telaah jurnal terkait sistem Kardiovaskuler Seminar
Presentasi LCD, Textbook,
Jurnal internasional SA
16. Kamis,
8-5-2014
Jum’at
9-5-2014 2x50 menit
16. Memahami konsep dasar EKG dan interpretasinya Dasar Elektrokardiogram, meliputi:
• Pengertian EKG
• Kertas EKG
• Lead dalam EKG
• Unsur gelombang EKG PBC, Tugas, diskusi LCD, Text Book SA
17. Minggu 9 Senin,
12-5-2014
Selasa,
13-5-2014 3x50 menit
17. Memahami konsep dasar EKG dan interpretasinya • Menghitung HR
• Menilai ritme
• Mengenali jenis irama
• Zona transisi
• Menilai aksis
• Memahami morfologi gelombang PBC, Tugas, diskusi LCD, Text Book SA
18. Kamis,
15-5-2014
Jum’at
16-5-2014 2x50 menit
18. Memahami konsep dasar EKG dan interpretasinya Interpretasi kelainan jantung
• Penyakit jantung koroner PBC, Tugas, diskusi LCD, Text Book SA
19. Minggu 10 Senin,
19-5-2014
Selasa,
20-5-2014 3x50 menit
19. Memahami konsep dasar EKG dan interpretasinya Interpretasi kelainan jantung
• Gangguan konduksi PBC, Tugas, diskusi LCD, Text Book SA
20. Kamis,
22-5-2014
Jum’at
23-5-2014 2x50 menit
20. Memahami konsep dasar EKG dan interpretasinya Interpretasi kelainan jantung
• Aritmia
• Pembesaran ruang
• Pre eksitasi
• Kelainan lainnya PBC, Tugas, diskusi LCD, Text Book SA
21. Minggu 11 Senin,
26-5-2014
Selasa,
27-5-2014 3x50 menit
21. Merekam EKG dan menginterpretasi EKG Praktik merekam EKG I Demonstrasi dan redemonstrasi Peer, EKG SA
DA
22. Kamis,
29-5-2014
Jum’at
30-5-2014 2x50 menit
22. Merekam EKG dan menginterpretasi EKG Praktik mandiri merekam EKG II redemonstrasi Peer, EKG SA
DA
23. Minggu 12 Senin,
2-6-2014
Selasa,
3-6-2014 3x50 menit
23. Merekam EKG dan menginterpretasi EKG Praktik mandiri merekam EKG III redemonstrasi Peer, EKG SA
DA
24. Kamis,
5-6-2014
Jum’at
6-6-2014 2x50 menit
24. Melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital Mengukur Tekanan darah, Nadi Demonstrasi dan redemonstrasi Peer, Tensimeter, Stetoskop, termometer SA
DA
25. Minggu 13 Senin,
9-6-2014
Selasa,
10-6-2014 2x50 menit
25. Melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital Mengukur Tekanan darah, Nadi Demonstrasi dan redemonstrasi Peer, Tensimeter, Stetoskop, termometer SA
DA
26. Kamis,
12-6-2014
Jum’at
13-6-2014 3x50 menit
26. Melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital Mengukur Tekanan darah, Nadi Demonstrasi dan redemonstrasi Peer, Tensimeter, Stetoskop, termometer SA
DA
27. Minggu 14 Senin,
16-6-2014
Selasa,
17-6-2014 2x50 menit
27. Melakukan Pengkajian dan Pemeriksaan fisik jantung • Anamnesa
• Pengkajian Jantung
• Pemeriksaan auskultasi bunyi jantung Demonstrasi dan redemonstrasi Peer
Stetoskop ES
28. Kamis,
19-6-2014
Jum’at
20-6-2014 3x50 menit
28. Melakukan Pengkajian dan Pemeriksaan fisik jantung • Anamnesa
• Pengkajian Jantung
• Pemeriksaan auskultasi bunyi jantung Demonstrasi dan redemonstrasi Peer
Stetoskop ES
UAS
Mengetahui,
Ka. Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Stikes Maharani Malang
(Ns. Sih Ageng Lumadi., M.Kep)
PJMK Mata Kuliah
Sistem Kardiovaskuler
(Ns. Sih Ageng Lumadi., M.Kep)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar