Terapi Somatik : Electroconvulsive Therapy

Makalah Keperawatan Jiwa
“Terapi Somatik : Electroconvulsive Therapy”
Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah Keperawatan Jiwa
Semester 4B




Disusun Oleh : kelompok 8



PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH  TINGGI ILMU KESEHATAN MAHARANI MALANG
2014/2015


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada 2006, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan 26 juta penduduk Indonesia mengalami gangguan jiwa. Departemen Kesehatan RI mengakui sekitar 2,5 juta orang di negeri ini telah menjadi pasien rumah sakit jiwa (Anonim, 2009). Sumber lain mengatakan bahwa jumlah penderita gangguan jiwa di Indonesia saat ini, menurut data Departemen Kesehatan tahun 2007, mencapai lebih dari 28 juta orang, dengan kategori gangguan jiwa ringan 11,6 persen dari populasi dan 0,46 persen menderita gangguan jiwa berat (Anonim, 2010). Perkiraan yang sungguh memprihatinkan sekaligus mengerikan. Memprihatinkan, karena selain persoalan-persoalan kasatmata, negeri ini juga dicengkeram problema berdimensi nonfisik. Mengerikan, karena bobot masalah yang ditanggung anak bangsa ini rupanya semakin lama semakin tidak bias dihitung jumlahnya.
Terapi ECT pada kalangan masyarakat umum lebih dikenal dengan istilah terapi kejang listrik. Terapi kejang listrik atau dikenal dengan electro-convulsive therapie (ECT), merupakan terapi yang paling banyak digunakan oleh psikia¬ter pada 1930-an, untuk segala macam penyakit kejiwaan, akan tetapi kemudian pemakaiannya menurun dan cara pemberiannya berubah setelah 1970-an (Yul Iskandar, 2010). Walaupun sempat menjadi kontroversi, terpai ECT ini dinyatakan sangat aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Secara umum, ECT digunakan sebagai pilihan pengobatan terakhir terutama pada anak dan remaja. Namun, hal ini dilakukan setelah semua metode dan pengobatan pada pasien dinilai tak berhasil (Prita Daneswari, 2010).
Terapi dengan konvulsi sebenarnya telah dikenal sejak abad 16. Paraselsus (140-1541) menggunakan camphor atau kamper atau kini disebut kapur barus. Kamper ini diberikan secara oral untuk menginduksi kejang sebagai terapi pada pasien gangguan mental. Penggunaan kamper ini bertahan sampai abad ke-18. Pada sekitar tahun 1917, Julius Wagner-Jaugregg, seorang psikiater dari Wina, mulai menggunakan malaria sebagi penginduksi demam untuk mengobati pasien dengan paresis umum pada pasien gangguan mental (sipilis terminal). Pada tahun 1093, mulai dikenal pula penggunaan insulin danps y c hos ur ge r y. Manfred Sakel dari Wina mengumumkan kesuksesan pengobatan skizofrenia dengan insulin. Insulin ini digunakan untuk menginduksi koma yang pada beberapa pasien menyebabkan kejang. Kejang ini yang diperkirakan menyebabkan perbaikan pada pasien. Pada tahun 1934, Ladislaus von Meduna dari Budapest meninjeksi kamper dalam minyak untuk menginduksi kejang pada pasien dengan skizofrenia katatonik. Ini merupakan terapi konvulsi modern pertama. Terapi dinyatakan berhasil, demikian juga dengan sejumlah pasien psikotik lainnya. Pada tahun 1938, di Roma, Ugo Cerleti dengan asistennya Lucio Bini melakukan ECT pertama pada pasien skizofrenia. ECT dilakukan sebanyak 11 kali dan pasien memberikan respons yang bagus. Pengunaan ECT kemudian menyebar luas di seluruh dunia. Kini ECT digunakan terutama pada depresi mayor dan skizofrenia. (www.scribd.com). Hal ini menunjukkan berbagai usaha telah dilakukan untuk mengembangkan terapi konvulsif ini, dann saat ini terapi konvulsif menjadi salah satu alternative pengobatan bagi pasien penderita gangguan jiwa.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah sejarah awal Electro Convulsive Therapy?
2. Bagaimanakah pengertian dari Electro Convulsive Therapy?
3. Apa saja jenis dari Electro Convulsive Therapy?
4. Bagaimanakah mekanisme  kerja Electro Convulsive Therapy?
5. Apakah tujuan dilakukan Electro Convulsive Therapy?
6. Apakah indikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy?
7. Apakah kontraindikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy?
8. Apakah komplikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy?
9. Apakah keuntunggan menggunakan Electro Convulsive Therapy?
10. Apakah kerugian menggunakan Electro Convulsive Therapy?
11. Bagaiman frekuensi tindakan untuk Electro Convulsive Therapy?
12. Bagaimana pemasangan Unilateral dan Bilateral pada Electro Convulsive Therapy?
13. Bagaimana prosedur pemasangan Electro Convulsive Therapy?
14. Bagaimana intervensi keperawatan pada klien dengan menggunakan Electro Convulsive Therapy?
1.3 Tujuan
1. Mengetahui  sejarah awal Electro Convulsive Therapy.
2. Mengetahui pengertian dari Electro Convulsive Therapy.
3. Mengetahui jenis dari Electro Convulsive Therapy.
4. Mengetahui mekanisme  kerja Electro Convulsive Therapy.
5. Mengetahui  tujuan dilakukan Electro Convulsive Therapy.
6. Mengetahui  indikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy.
7. Mengetahui  kontraindikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy.
8. Mengetahui  komplikasi penggunaan Electro Convulsive Therapy.
9. Mengetahui  keuntunggan menggunakan Electro Convulsive Therapy.
10. Mengetahui  kerugian menggunakan Electro Convulsive Therapy.
11. Mengetahui frekuensi tindakan menggunakan Electro Convulsive Therapy.
12. Mengetahui pemasangan unilateral dan bilateral pada Electro Convulsive Therapy.
13. Mengetahui  prosedur pemasangan Electro Convulsive Therapy.
14. Mengetahui intervensi keperawatan pada klien yang menggunakan Electro Convulsive Therapy.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah ECT (Electro convulsive Therapy)
ECT pertama kali dilakukan di Roma pada tahun 1938. Seperti peristiwa-peristiwa lain dalam sains, Pada tahun 1946, Scribonius Largus menggambarkan penerapan listrik pada ikan torpedo kepala sebagai pengobatan untuk sakit kepala. Pada tahun 1470, seorang Jesuit misionaris Ethiopia menerapkan lele listrik kepada orang-orang (situs anatomi tidak diketahui) sebagai sarana untuk mengusir setan. Di tahun 18  ke belut listrik abad diaplikasikan ke kepala (kondisi diperlakukan tidak diketahui). Namun, tidak ada sejarah yang jelas penerapan listrik ke kepala untuk pengobatan gangguan mental sebelum 1938. Kejang-kejang telah diinduksi untuk tujuan medis pada waktu yang berbeda atas berabad-abad. Paracelsus (1490-1541) dikelola kamper melalui mulut untuk mendorong kejang-kejang dalam pengobatan gangguan mental. Rekening pada 1785 muncul di London Medical Journal of  Kamper disebabkan kejang-kejang untuk perawatan psikosis. ECT muncul pada waktu yang menarik. Hingga awal tahun 1920-an kecil dapat ditawarkan untuk orang dengan kelainan mental serius selain perawatan manusiawi. 
Akibatnya popularitas ECT terus menurun dan mencapai titik terendah pada era tahun 1970-an. Pada tahun 1980 tercatat hanya 30.000 pemakaian ECT di seluruh Inggris, angka ini jauh dibandingkan catatan tahun 1972 yang masih mencapai 60.000.Ditemukannya obat antidepresan trisiklik pada tahun 1950-an turut menggeser popularitas ECT. Terlebih ketika antidepresan yang jauh lebih aman, selektif serotonin reuptake inhibitors (SSRI) diperkenalkan tak lama kemudian.
Namun baru-baru ini, peneliti dari Columbia University merancang prosedur ECT terbaru yang diklaim mampu mengurangi efek samping. Jika pada ECT konvensional arus listrik dialirkan selama 1,5 milidetik, maka pada prosedur terbaru dipersingkat menjadi 0,3 milidetik.Prosedur baru ini bisa mengurangi risiko kehilangan ingatan, serta memberikan waktu pemulihan 2 kali lebih cepat. Hasil pengujian sementara menunjukkan keberhasilan terapi meningkat hingga 73 persen dibandingkan prosedur konvensional. (Anonim, 2010).
2.2 Definisi ECT (Electro convulsive Therapy)
      Electro Convulsive Therapy adalah Sistem Pengobatan (terapi) berupa pemberian rangsangan listrik pada otak untuk pasien pada rumah sakit jiwa. Terapi rangsangan listrik terbukti lebih manjur dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan. 
      ECT  adalah pengobatan gangguan kejiwaan yang menggunakan arus listrik singkat pada otak dengan menggunakan mesin khusus dimana pasien di anastesi terlebih dahulu dan akan menimbulkan efek convulsi karena relaksasi otot.
      ECT adalah suatu terapi berupa aliran listrik ringan yang dialirkan ke dalam otak untuk menghasilkan suatu serangan yang serupa dengan serangan epilepsi.
      Electroconvulsive therapy (ECT), adalah suatu teknik terapi dengan menggunakan gelombang listrik yang dapat membantu kesembuhan klien dengan depresi (Anonim. 2010)
Jadi, ECT merupakan pengobatan somatik untuk menginduksi kejang grand mal secara buatan dg mengalirkan arus listrik ke dalam otak  melalui elektroda yang dipasang pada satu atau kedua pelipis.

2.3 Jenis-jenis ECT (Electro convulsive Therapy)
a) ECT konvensional
ECT konvensional ini menyebabkan timbulnya kejang pada pasien sehingga tampak tidak manusiawi.Terapi konvensional ini di lakukan tanpa menggunakan obat-obatan anastesi seperti pada ECT premedikasi.
b) ECT pre-medikasi
Terapi ini lebih manusiawi dari pada ECT konvensional,karena pada terapi ini di berikan obat-obatan anastesi yang bisa menekan timbulnya kejang yang terjadi pada pasien.

2.4 Mekanisme Kerja ECT (Electro convulsive Therapy)
Didalam buku psikiatri dijelaskan bahwa terapi elektrokonvulsi dilakukan dengan cara mengalirkan listrik sinusoid ketubuh sehingga penderita menerima aliran listrik yang terputus-putus. Alat yang digunakan dalam terapi ini dinamakan konvulsator didalamnya terdapat pengatur waktu voltase yang merupakan pengatur waktu otomatis memutuskan aliran listrik yang keluar sesudah waktu yang ditetapkan.
Prinsip kerja dari terapi elektrokonvulsi ialah aliran listrik dimasukkan kedalam kepala orang yang mengalami gangguan jiwa, setelah itu orang yang menjalaninya menjadi tidak sadar seketika dan konvulsi yang terjadi mirip epilepsy, diikuti fase klonik, kemudian rasa relaksasi otot dengan pernapasan dalam dan keras. Orang menjadi tidak sadar kurang lebih 5 menit dan biasanya setelah bangun dan sadar,kemudian timbul rasa kantuk,kemudian orang tersebut tertidur.( Residen Bagian Psikiatri UCLA. 1997).
Salah satu teori yang berkaitan dengan hal ini adalah teori neurofisiologi.Teori ini mempelajari aliran darah serebral, suplai glukosa dan oksigen, serta permeabilitas sawar otak akan meningkat. Setelah kejang, aliran darah dan metabolisme glukosa menurun. Hal ini paling jelas dilihat pada lobus frontalis. Beberapa penelitian mengatakan bahwa derajat penurunan metabolisme serebral berhubungan dengan respon terapeutik.
Teori lain adalah teori neurokimiawi yang memusatkan perhatian pada perubahan neurotrasmiter dan second messenger .Hampir semua pada sistem neurotrasmiter dipengaruhi oleh ECT. Akhir-akhir ini mulai berkembang neuroplastisitas yang berhubungan dengan stimulasi kejang listrik.Pada percobaan hewan,di jumpai plastisitas sinaps, dihipotalamus,yakni pertumbuhan serabut saraf, peningkatan konektifitas jaras saraf, dan terjadinya neurogenesis
2.5 Tujuan Terapi ECT (Electro convulsive Therapy)
Mengembalikan fungsi mental klien.
Meningkatkan ADL klien secara periodik.
2.6 Indikasi penggunaan ECT (Electro convulsive Therapy)
1. Gangguan afek yang berat : pasien dengan depresi berat atau gangguan bipolar,     atau depresi menunjukkan respons yang baik pada pemberian ECT (80-90% membaik versus 70% atau lebih dengan antidepresan). Pasien dengan gejala vegetatif yang jelas (seperti insomnia, konstipasi; riwayat bunuh diri, obsesi rasa bersalah, anoreksia, penurunan berat badan, dan retardasi psikomotor) cukup bersespon.
2. Skizofrenia: skizofrenia katatonik tipe stupor atau tipe excited memberikan respons   yang baik dengan ECT. Tetapi pada keadaan schizofrenia kronik hal ini tidak terlalu  berguna.
2.7 Kontraindikasi penggunaan ECT (Electro convulsive Therapy)
1. Tumor intrakranial karena dapat meningkatkan tekanan intrakranial.
2. Kehamilan karena dapat mengakibatkan keguguran.
3. Osteoporosis karena dapat berakibat terjadinya fraktur tulang.
4. Infark mikardiom karena dapat terjadi henti jantung.
5. Asthma bronchiale karena dapat memperberat keadaan penyakit yang diderita.
6. Hipertensi berat
7. Hiperpireksia
8. Diatesa Haemoragic karena adanya kelainan perdarahan sehingga menyebabkan perdarahan yang hebat.
9. Epilepsi
10. Ansietas berat.
2.8 Komplikasi penggunaan ECT (Electro convulsive Therapy)
1. Amnesia (retrograd dan anterograd) bervariasi dimulai setelah 3-4 terapi berakhir 2-3 bulan (tetapi kadang-.kadang lebih lama dan lebih berat dengan metode bilateral, jumlah terapi yang semakin banyak, kekuatan listrik yang meningkat dan adanya organik sebelumnya.
2. Sakit kepala, mual, nyeri otot.
3. Kebingungan.
4. Reserpin dan ECT diberikan secara bersamaan akan berakibat fatal
5. Fraktur jarang terjadi dengan relaksasi otot yang baik.
6. Risiko anestesi pada ECT, atropin mernperburuk glaukom sudut sempit, kerja Suksinilkolin diperlama pada .keadaan defisiensi hati dan bisa menyebabkan hipotonia.
2.9 Keuntungan menggunakan ECT (Electro convulsive Therapy)
          Efektifitas ECT dalam mengobati pasien dengan gangguan jiwa karena adanya peningkatan sensitivitas reseptor terhadap neurotransmitter. ECT meningkatkan pergantian dopamin, serotonin dan meningkatkan pelepasan norepineprin dari neuron-neuron ke reseptor. ECT juga akan menstimulasi pelepasan serotonin.
         Pada depresi terjadi gangguan neurotrasmitter otak yaitu penurunan dopamin, serotonin dan norepineprin. Dengan ECT penurunan tersebut dapat ditingkatkan, sehingga pasien depresi dapat disembuhkan dengan pemberian ECT. ECT adalah terapi dengan melewatkan arus listrik ke otak. Metode terapi semacam ini sering digunakan pada kasus depresif berat atau mempunyai risiko bunuh diri yang besar dan respon terapi dengan obat antidepresan kurang baik. Pada penderita dengan risiko bunuh diri, ECT menjadi sangat penting karena ECT akan menurunkan risiko bunuh diri dan dengan ECT lama rawat di rumah sakit menjadi lebih pendek.
2.10 Kerugian menggunakan ECT (Electro convulsive Therapy)
Tidak ada kejelasan  mengapa ECT bisa menghasilkan sikap yang negatif. Salah satu faktor mungkin karena sikap fanatik kita, yaitu sikap jijik untuk melakukan tindakan biologis tertentu. Kejang –kejang, seperti muntah adalah bukan sesuatu suka kita tonton. Mungkin ada faktor evaluasi.  Kejang-kejang dan muntah, dapat mengindikasikan sebagai penyakit yang mungkin dapat menular.  Masyarakat secara genetis diprogramkan untuk takut dan menghindari situasi seperti itu. Kita menghindari berdiskusi  topik kejang-kejang karena beberapa orang yang menderita epilepsy kurang setuju dengan terapi ECT.
ECT sebagai alat terapi orang yang mengalami gangguan jiwa karena banyak efek samping yang ditimbulkan seperti yang Patah tulang vertebra, Kehilangan memori dan kekacaun mental sememtara, Dislokalisasi sendi rahang, Amnesia, Nyeri kepala, bahkan samapi kematian. Risiko yang ditimbulkan juga cukup berbahaya seperti kerusakan otak, kematian dan kehilangan memori permanen. Dari segi etik juga tidak etis memperlakukan manusia seperti hewan percobaan walaupun dibilang cukup efektif untuk terapi gangguan kejiwaan tapi sangat kurang etis, apalagi untuk budaya kita.(http://www.ect.org/effects/testimony.html).
2.11 Frekuensi Tindakan ECT (Electro convulsive Therapy)
Frekuensi pemberian ECT tergantung pada keadaan penderita yang dapat di perlakukan dengan cara sebagai berikut :
Pemberian ECT secara blok 2-4 hari berturut-turut 1-2 kali sehari.
Dua sampai tiga kali seminggu.
Pasien dengan gangguan depresi berat di berikan antara 5-10 kali.
Untuk pasien yang mengalami gangguan dipolar,mania,dengan gangguan skizofrenia ,pasien baru mendapat respon yang maksimum setelah 20-25 kali tindakan ECT.
2.12 Pemasangan Unilateral dan Belateral ECT (Electro convulsive Therapy)
Ada  dua jenis penempatan elektroda yang digunakan untuk pengiriman ECT . Perbedaan antara kedua teknik ini meliputi area otak dirangsang , waktu respon dan potensi efek samping .
Unilateral kanan : satu elektroda ditempatkan pada mahkota kepala dan yang lainnya di pelipis kanan . Mereka yang menerima perawatan unilateral yang tepat dapat merespon agak lebih lambat daripada mereka yang menerima perawatan bilateral . Perbedaan ini biasanya tidak lebih dari 1 sampai 2 perawatan . Pengobatan unilateral kanan biasanya terkait dengan efek samping yang lebih sedikit memori . Pasien yang tidak merespon pengobatan unilateral kanan mungkin memerlukan beralih ke penempatan bilateral .

Bilateral : Pengobatan ECT bilateral melibatkan menempatkan elektroda pada kedua candi . Perawatan ini mungkin berhubungan dengan lebih banyak efek samping memori akut daripada pengobatan unilateral kanan . Bilateral ECT diindikasikan untuk penyakit mental yang berat termasuk depresi dengan psikosis , episode manik dari gangguan bipolar , psikosis yang berhubungan dengan skizofrenia dan katatonia . 

2.13 Prosedur pemasangan ECT (Electro convulsive Therapy)
ECT dilakukan dengan mengirimkan sinyal listrik ke otak yang menyebabkan kejang sementara. Mesti terlihat menakutkan, tak perlu khawatir karena sebelum menjalaninya pasien terlebih dahulu diberikan anestesi umum untuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh. Rangkaian terapi ECT biasanya dilakukan 6-12 kali selama beberapa minggu.ECT dilakukan dengan mengalirkan listrik melalui dua elektroda yang dilekatkan pada daerah temporal kepala. Sebelum menjalani pengobatan, pasien diberikan anestesi umum dan menerima relaksasi otot guna mencegah cedera. ( Media Hidup Sehat, 2010)
Persiapan perawat :
1. Perawat sebelum melakukan tindakan ECT, harus mempersiapkan alat dan mengantisipasi kecemasan klien dengan menjelaskan tindakan yang akan dilakukan.
Persiapan alat  :
1. Konvulsator set (diatur inensitas dan timer)
2. Tounge spatel atau karet mentah di bungkus kain.
3. Kain kasa.
4. Cairan NaCL secukupnya.
5. Spuit disposibel.
6. Obat S A injeksi 1 ampul.
7. Tensimeter .
8. Stetoskop .
9. Slim suiger.
10. Set konvulsator.

Persiapa klien:
1. Anjurkan klien dan keluarga untuk tenang dan beritahu prosedur tindakan yang akan dilakukan.
2. Lakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengidentifikasi adanya kelainan yang merupakan kontraindikasi ECT.
3. Siapkan surat persetujuan.
4. Klien berpuasa 4-6 jam sebelum ECT.
5. Lepas gigi palsu, lensa kontak, perhiasan atau penjepit rambut yang mungkin di pakai klien.
6. Klien diminta untuk menggosongkan kandung kemih dan defekasi.
7. Klien jika ada tanda ansietas, berikan 5 mg diazepam IM 1-2 jam sebelum ECT.
8. Jika klien menggunakan obat antidepresan, antipsikotik, sedatif-hipnotik, dan antikonvulsan harus di hentikan sehari sebelumnya. Litium biasanya di hentikan beberapa hari sebelumnya karena berisiko organik.
9. Premidikasi dengan injeksi SA (sulfa atropin) 0,6-1,2 mg setengah jam sebelum ECT. Pemberian antikolinergik ini mengembalikan aritmia vagal dan menurunkan sekresi gastrointestinal.
Pelaksanaan :
1. Setelah alat sudah di siapkan, pindahkan klien ke tempat dengan permukaan rata dan cukup keras.posisikan hiperektensi punggung tanpa batal. Pakaian di kendorkan, seluruh badan di tutup dengan selimut, kecuali bagian kepala.
2. Berikan natrium metoheksital (40-100 mg IV). Anestetik barbiturat ini di pakai untuk menghasilkan koma ringan.
3. Berikan pelemas otot suksinikolin atau anictine (30-80 mg IV) untuk menghindari kemungkinan kejang umum.
4. Kepala bagian temporal (pelipis) dibersihkan dengan alkohol untuk tempat elektrode menempel.
5. Kedua pelipis tempat elektrode menempel dilapisi dengan kasa yang dibasahi cairan NaCL.
6. Klien diminta untuk membuka mulut dan memasang spatel/karet yang dibungkus kain dimasukkan dan klien diminta untuk menggigit.
7. Rahang bawah (dagu), ditahan supaya tidak membuka lebar saat kejang dengan dilapisi kain.
8. Persendian (bahu, siku, pinggang, lutut) di tahan selama kejang dengan mengikuti gerak kejang.
9. Pasang elektroda di pelipis kain kasa basah kemudian tekan tombol sampai timer berhenti dan di lepas.
10. Menahan gerakan kejang sampai selesai kejang dengan mengikuti gerakan kejang (menahan tidak boleh dengan kuat).
11. Bila berhenti nafas berikan bantuan nafas dengan rangsangan menekan diafragma.
12. Bila banyak lendir, dibersihkan dengan slim siger.
13. Kepala di miringkan.
14. Observasi sampai klien sadar.
15. Dokumentasikan hasil di kartu ECT dan catatan keperawatan.
Setelah ECT :
1. Observasi dan awasi tanda vital sampai kondisi klien stabil.
2. Jaga keamanan.
3. Bila klien sudah sadar bantu mengembalikan orientasi klien sesuai kebutuhan, biasanya timbul kebingungan pasca kejang 15-30 menit.


BAB III
INTERVENSI KEPERAWATAN ELECTRO CONVULSIVE THERAPY

Prinsip Intervensi Keperawatan Rasional
Dapatkan persetujuan berperan serta dalam prosedur Ajarkan tentang ECT, termasuk prosedur dan hasil yang diharapkan. 
Ajarkan keluarga tentang pengobatan. Dukung ekspresi persaan oleh pasien dan keluarga. Beri pendidikan setelah setiap tindakan.
Pasien yang mengerti rencana pengobatan yang akan dilakukan akan lebih siap untuk bekerjasama dan kurang mengalami stress daripada pasien yang tidak mengerti. Persetujuan keluarga dapat memberikan dukungan emosional bagi pasien

Pertahankan integritas biologik Cek perlengkapan darurat sebelum prosedur. Pasien puasa beberapa jam sebelum prosedur. Jauhkan benda-benda yang berbahya, misal, perhiasan, gigi palsu. Cek tanda-tanda vital. Pertahankan jalan napas. Atur pasien dengan posisi miring sampai bereaksi. Tawarkan obat analgesik atau antiemetik sebagaimana diperlukan. 
Pertahankan martabat dan harga diri pasien. Pasien biasanya merasa takut sebelum dilakukan tindakan.Amnesia dan kebingungan dapat menimbulkan perasaan takut mengalami gangguan jiwa. Pasien akan memerlukan bantuan untuk berfungsi sesuai dengan lingkungan. Tetaplah bersama pasien
Anestesi umum dan pembangkitan kejang dengan listrik merupakan stresor fisiologik dan memerlukan asuhan keperawatan yang penuh dukungan.
Pertahankan martabat dan harga diri pasien Tetaplah bersama pasien dan tawarkan dukungan sebelum dan sesudah tindakan. Berikan keleluasaan pribadi (privacy) pasien selama dan sesudah tindakan. Reorientasi pasien. Bantu Pasien biasanya merasa takut sebelum dilakukan tindakan.
Amnesia dan kebingungan dapat menimbulkan perasaan takut mengalami gangguan jiwa. Pasien akan memerlukan bantuan untuk berfungsi sesuai dengan lingkungan


BAB IV
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
ECT (Electro Convulsive Therapy) adalah suatu tindakan terapi dengan menggunakan aliran listrik dan menimbulkan kejang pada pasien baik tonik maupuk klonik. Indikasi yang terjadi bila dilakukan ECT adalah klien depresi pada psikosa manik depresi, klien dengan schizoprenia stupor katatonik dan gaduh gelisah katatonik dan kontraindikasinya bisa terjadi peningkatai tekanan intra kranial, keguguran pada kehamilan, sehingga akan terjadi komplikasi diantaranya amnesia, mual, sakit kepala, nyeri otot, kebingungan, dan dalam hal ini peran kita sebagai perawat adalah harus bisa menjelaskan kepada klien tindakan apa saja yang akan dilakukan.


DAFTAR PUSTAKA


http : // wir- nursing.blogspot.com/2011/03/elektro-convulsif-therapie-ect.html
http://www.news-medical.net/health/electroconvulsive-therapy-side-effects%28indonesian%29.aspx
www.google.com/. . ./anonim/ECT/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar